Ibarat Bernostalgia dengan Kawan Lama

395
Pesona Indonesia
Kunjungan-Gubernur-kepulauan-Riau-Ft-ARIEF-BUDI-KUSUMA--(1)
CHAIRMAN RPG, Rida K Liamsi didampingi CEO Riau Pos H Makmur Kasim (lima dari kiri) menyerahkan buku Seperempat Abad Riau Pos kepada Gubernur Kepri Muhammad Sani di Graha Pena Riau, Rabu (24/2). foto: ARIEF BUDI KUSUMA/RIAU POS-JPGRUP

batampos.co.id – Gubernur Kepri Muhammad Sani singgah ke Graha Pena Riau, kantor Riau Pos.

Kedatangan Sani diterima langsung Chairman Riau Pos Rida K Liamsi dan CEO Riau Pos Makmur Kasim.

Kehadiran Pak Sani ialah sehari menjelang tampil sebagai pembicara pada Workshop Ekonomi Kreatif dan Kepariwisataan yang diadakan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Ekonomi Universitas Riau, di Pekanbaru.

Sebelum banyak memaparkan soal konsep pengembangan ekonomi kreatif dan kepariwisataan, Sani dengan menyebutkan kedatangannya ke Riau bagaikan nostalgia dengan teman-teman lamanya.

Karena pertemanan, kata dia, sangat penting dalam kehidupan. Apalagi bagi dirinya yang telah bertugas lebih 50 tahun.

Mengenai pengembangan ekonomi kreatif, Sani mengatakan, banyak tertopang dari sektor pariwisata. Gubernur dua periode ini merasa beruntung, Kepri banyak dianugerahkan berbagai potensi yang bisa dikembangkan.

”Apa yang tidak dipunya Kepri, ada pariwisata budaya, sejarah, wisata alam, laut dan lainnya yang bisa dikembangkan. Sehingga masyarakat punya pendapatan lebih,” ujarnya.

Dalam Workshop Ekonomi Kreatif dan Kepariwisataan Riau, ia akan mendorong kalangan muda di Riau, terutama kalangan mahasiswa Universitas Riau, tentang tata cara pengembangan ekonomi kreatif dan potensi kepariwisataan dua daerah. Sehingga Riau dan Kepri menjadi eksis. Dengan penumbuhan dua sektor ini, akan memberikan kontribusi bagi daerah dalam bentuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Soal anak-anak muda yang caggung berusaha disebabkan keterbatasan modal, Sani mengatakan, di Kepri yang dilakukannya adalah memberikan dukungan penuh dengan menyiapkan lembaga penjaminan perkreditan yang diperkuat dengan Perda. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi ragu dan takut untuk membuka usaha yang disebabkan permodalan.

Chairman Riau Pos Rida K Liamsi mengapresiasi kedatangan Gubernur Sani ke Riau Pos. Rida menilai sosok Sani adalah figur yang tepat buat Kepri. Riau Pos Group sendiri turut mendukung pelaksanaan pembangunan Kepri. Beberapa waktu lalu, Batam Pos membuka rubrik Jembia yang bisa dimanfaatkan sebagai kolom budaya. ”Silahkanlah Pak Gubernur merangkul Batam Pos dan grup kami yang ada di sana untuk menyampaikan informasi pembangunan di Kepri,” ujarnya. Sesekali keduanya pun terlihat bersenda gurau, saling puji keberhasilan yang sudah dicapai.

CEO Riau Pos, Makmur Kasim SE MM AK mengatakan, kegiatan seminar dan workshop ekonomi kreatif dan kepariwisataan mengangkat tema ”Menjadikan Riau dan Kepri Destinasi Unggulan Pariwisata Indonesia”.

Kegiatan workshop ini, merupakan peran aktif alumni terhadap universitas. Bersempena dengan pelaksanaan workhsop, dilakukan pengukuhan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Ekonomi (FE) serta peluncuran Majalah Benefit yang merupakan majalah IKA FE Unri. Majalah Benefit menjadi wadah dalam mengekspos sumber informasi berbentuk prestasi, penelitian, dan bahan baca alumni.

Nantinya, kata Makmur, seminar tersebut akan dibuat dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Plt Gubenur Riau dan Gubernur Kepulauan Riau membahas pariwisata antarprovinsi. “Sesi kedua diisi oleh kabupaten kota yang tergabung dalam Pekan Sikawan untuk membahas potensi ekonomi kreatif untuk mengembangkan pariwisata dengan segala potensi yang ada. Sehingga bisa bersinergi untuk mengunjungi destinasi di Riau,” katanya. (dac/rpg)

Respon Anda?

komentar