2.933 Siswa SMA Sederajat di Karimun Siap Hadapi UN

623
Pesona Indonesia
Ujian Nasional di salah satu sekolah di Kepri tahun lalu. foto:dok
Ujian Nasional di salah satu sekolah di Kepri tahun lalu. foto:dok

batampos.co.id – Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim mengatakan, sebanyak 2.933 pelajar tingkat SMA/Sederajat akan mengikuti Ujian Nasional pada bulan April tahun 2016 mendatang. Dari 32 sekolah Negeri dan Swastas diantaranya, SMA 17 sekolah, MA 5 sekolah, SMK 8 sekolah, SLB 2 sekolah se-Kabupaten Karimun.

”Insya Allah, mereka akan mengikuti UN pada bulan April mendatang. Dan sekarang sedang mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) selama seminggu, di sejalankan dengan pelaksanaan tray out di masing-masing sekolah,” jelas Bakri Hasyim, di Tanjungbalai Karimun, kemarin (29/2).

Hingga saat ini, masih tetap jadwal UN tingkat SMA/Sederajat pada bulan April mendatang. Sedangkan, persiapan bagi pelajar di masing-masing sekolah terus dilakukan seperti terobosan, tray out, kisi-kisi materi mata pelajaran yang ada di UN. Seperti untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Akutansi. Sedangkan, untuk yang SMK ada tambahan ujian kejuruan, ditambah ujian praktek.

” Paling penting mengisi biodata pelajar harus benar-benar pas. Karena, lembar jawabannya dicek secara komputerisasi. Satu hari biasanya 2 mata pelajaran,” paparnya.

Lanjut Bakri lagi, pelaksanaan UN untuk tingkat SMA/Sederajat dimulai pada 4 April hingga 7 April. Dengan demikian, waktu yang tinggal satu bulan ini harus benar-benar dimanfaatkan bagi pelajar untuk mempersiapkan mental dalam menghadapi UN nantinya. Sehingga, tidak grogi dalam mengisi lembar jawaban.

”Hari ini kita lakukan sosialisasi UN kepada para kepala sekolah SMA dan SMP sederajat dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. Mudah-mudah, anak didik kita bisa mengisi lembar jawaban dengan tenang,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang guru SMA I Binaan Zul mengungkapkan, bahwa dirinya optimis anak didiknya akan bisa mengisi lembar jawaban saat UN nanti. Karena, sudah lama dipersiapkan bagaimana cara menjawab soal-soal UN.

”Hingga saat ini tidak ada kendala siswa-siswi kita. Yang penting, berikan motivasi terus menjelang hari H nantinya dan tetap berdoa menurut keyakinan masing-masing,” ucapnya.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar