Batam Sejuta Kios Liar, Penertiban hanya Wacana

669
Pesona Indonesia
Kios liar di kawasan Jodoh, Batam. Foto: Dalil Harahap/batampos
Kios liar di kawasan Jodoh, Batam. Foto: Dalil Harahap/batampos

batampos.co.id -Awalnya hanya sekadar tempat menjual minuman ringan atau bengkel, namun lama-lama jadi kios kecil. Tumbuh satu, dua, tiga, hingga tak terkendali lagi. Wajah Batam yang semestinya elok karena berada di serambi Singapura, malah buruk karena menjamurnya kios liar.

Ironisnya, janji-janji dari Pemko dan BP Batam untuk menertibkan kios liar hanya tinggal janji. Kios liar masih tegak berdiri. Kadang mengganggu pengguna jalan karena berada di bibir jalan.

Direktur Pengamanan (Dirpam) BP Batam Cecep Rusmana mengatakan agenda penertiban kios liar ini belum ada dalam jangka waktu dekat. Bahkan surat peringatan sama sekali belum pernah dilayangkan oleh BP Batam.

“Kalau surat peringatan belum pernah kita layangkan. Saat ini kita masih dalam tahap penertiban untuk reklame yang tidak sesuai ketentuan,” katanya.

Ia mengakui anggaran untuk penertiban sudah disiapkan. Saat ini masih dalam tahap pemetaan dari pihak BP Batam.

“Tetapi intinya pasti akan kita tertibkan. Tunggu saja,” katanya.

Sementara Kasatpol PP Pemko Batam Hendri mengatakan pihaknya sudah melayangkan beberapa kali surat peringatan. Tetapi ia mengaku lupa sudah peringatan yang keberapa.

“Hampir semua titik kios liar yang ada di Batam sudah diberikan surat peringatan. Tetapi saya lupa yang keberapa,” katanya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya akan tetap melakukan penertiban untuk semua kios liar, terutama yang di pusat kota. “Anggarannya sudah ada. Ratusan juta rupiah, kita tunggu saja,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar