Lanal Gesa Pemkab Natuna Bentuk Badan Penanggulangan Bencana

589
Pesona Indonesia
Rapat koordinasi antar instansi evaluasi bencana alam di Lanal Ranai. foto:aulia rahman/batampos
Rapat koordinasi antar instansi evaluasi bencana alam di Lanal Ranai. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Badrudin menilai di Natuna sepatutnya dibentuk badan penanggulangan bencana daerah (BPBD). Selama ini bencana alam kurang ditangani maksimal, baik kecelakaan di laut mapupun di darat.

“Paling tidak Natuna bentuk satgas sebagai cikal bakal BPBD nantinya,” kata Danlanal, saat membuka rapat koordinasi bencana alam di Lanal Ranai, Senin (29/2).

Rapat koordinas evaluasi bencana alam tersebut dihadiri sejumlah SKPD dan lintas instansi vertikal, baik Bakamla, Syabandar, SAR dan Polair.

Dikatakan Danlanal, selama ini koordinasi masing-masing pihak tidak terjalin. Namun dengan keberadaan satgas, sangat membantu setiap kegiatan penanggulanan bencana.

Menurut Badrudin lagi, pembentukan satgas merupakan solusi untuk mensiasati keterbatasan anggaran daerah.
“Jika sekarang tidak berbuat, maka masalah akan muncul. Masyarakat akan menjadi korban. Misalnya musibah kebakaran dan kapal karam waktu lalu,” ujar Danlanal.

Sementara, Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Pemkab Natuna, Puryanti mengatakan, keterlambatan dibentuknya BPBD

Natuna disebabkan jumlah SOTK sudah penuh. Solusinya dapat dilakukan evaluasi SOTK.

“Kalau draf pembentukan BPBD sudah kami siapkan, tergantung pak Bupati nanti. Tapi usulan pembentukan satgas BPBD akan disampaikan,” ujar Puryanti.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar