Masyarakat Berhak Pelayanan Efektif dan Cepat, Pelayanan Publik Kepri Dibakukan

455
Pesona Indonesia
Warga saat membayar pajak di loket Dispenda Kepri Batam Centre beberapa waktu lalu. Pelayanan umum di Kepri dibakukan dengan Perda Pelayanan Publik. foto:Dalil Harahap/Batampos Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Warga saat membayar pajak di loket Dispenda Kepri Batam Centre beberapa waktu lalu. Pelayanan umum di Kepri dibakukan dengan Perda Pelayanan Publik. foto:Dalil Harahap/Batampos

batampos.co.id – Jajaran eksekutif Pemprov Kepri bergerak cepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya. Komitmen ini kemudian diwujudnyatakan dengan pengusulan rancangan peraturan daerah (Ranperda) pelayanan publik, yang Senin (29/2) kemarin sudah dibahas bersama jajaran dalam sidang paripurna di Dompak.

Anggota DPRD Provinsi Kepri, Sahat Sianturi menegaskan, memang sudah semestinya masyarakat mendapatkan pelayanan publik cepat, efektif, efisien, dan murah. “Tidak ada lagi pelayanan yang dikeluhkan masyarakat. Pelayanan pemerintah semestinya tanpa diskriminasi,” ungkap Sahat.

Politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menambahkan, karena itu sudah semestinya jua pelayanan publik di seluruh daerah Provinsi Kepri punya standar jelas melalui rencana pengesahan Perda Pelayanan Publik yang akan disahkan dalam waktu dekat ini.

Ranperda ini nantinya, sambung Sahat, juga akan menjadi payung hukum dan patokan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat Kepri. Pelayanan tersebut merupakan pelayanan yang didapatkan dari pemerintah daerah setempat. Sehingga seluruh penduduk Kepri, merasakan pelayanan yang sama.

Wakil Gubernur Provinsi kepri, Nurdin Basirun, menambahkan, Perda Pelayanan Publik yang kini pengesahannya sudah di depan mata ini akan menjadi landasan dasar dalam penerapan pelayanan publik bagi tujuh kabupaten/kota di Kepri.

“Bagi Pemko atau Pemkab yang belum memiliki perda pelayanan publik, tinggal menggunakan saja perda yang telah disahkan di Provinsi,” tuturnya.

Dengan adanya satu perda yang menetapkan standarisasi pelayanan publik, Nurdin melanjutkan, maka seluruh wilayah di Kepri mendapatkan standarisasi pelayanan yang sama. “Masyarakat sudah lama memimpikan pelayanan yang cepat dan efektif. Kami bekerja keras mengupayakannya,” pungkas Nurdin. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar