Vaksin Polio untuk Pekan Imunisasi Dijamin Halal

689
Pesona Indonesia

poliobatampos.co.id – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) akan diselenggarakan mulai 8 hingga 15 Maret mendatang. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, telah melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan PIN di tingkat Kecamatan dan Puskesmas se-Batam itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Batam, Sri Rupiarti mengatakan, untuk tahun ini Batam akan mengimunisasi sebanyak 122.886 anak usia 0-59 bulan.

Dinkes menyediakan 645 pos dan 1814 kader yang tersebar di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, dan bidan yang memiliki izin dari Dinkes.

Sri juga menambahkan masyarakat tidak usah khawatir terkait kehalalan vaksin. Sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 4 tahun 2016 sudah menyatakan kehalalan vaksin polio.

”Sudah halal, tak usah cemas masyarakatnya,” ujar Sri.

Ia mengharapkan kepada masyarakat untuk aktif ikut serta dala menyukseskan PIN. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

”Ayo kita sukseskan program ini. Dan pemberian vaksin tidak dikenakan biaya atau gratis,” tutup Sri.

Dikatakan Sri saat ini tidak ada temuan kasus polio di Batam. Namun demikian Batam tetap melaksanakan PIN. Karena ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diselenggarakan di seluruh Indonesia.

”Batam tak ada kasus (polio), tapi kami dukung program pemerintah untuk Indonesia bebas polio,” kata Sri, Senin (29/2). (cr17)

Respon Anda?

komentar