Kantor PT Trakindo Nyaris Terbakar, Asap Mengepul Keluar dari Ruang

297
Pesona Indonesia
Ilustrasi. foto:pixabay
Ilustrasi. foto:pixabay

batampos.co.id – Kantor PT Trakindo Cabang Tanjungpinang, yang terletak di Jalan DI Panjaitan, kilometer Sembilan, Selasa (1/3) sekitar pukul 14.30 WIB nyaris dilahap api, akibat korsleting arus listrik Air Conditioner (AC) dari salah satu ruangan kantor tersebut.

Pantauan dan informasi dilapangan, kejadian tersebut sempat menyita perhatian warga yang melintasi jalan protokol Batu Sembilan tersebut. Apalagi, tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merapat dan bergegas menuju ke perusahanan distributor alat berat tersebut.

Seorang saksi mata, Ateng, satpam di Perumahan Taman Gurindam Permai yang berada tak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP) menceritakan, awalnya ia mengetahui kejadian tersebut setelah menerima laporan dari warga setempat. Laporan tersebut lalu ditindaklanjuti dengan memantau ke bagian belakang kantor itu.

”Ada warga perumahan yang melapor ke saya, mereka bilang, mereka melihat gumpalan asap yang keluar dari kantor ini,” ujar Ateng saat ditemui di lokasi.

Ateng mengatakan, pada saat itu ia langsung merapat ke belakang kantor tersebut dan melihat asap hitam yang keluar dicelah-celah bangunan ruko tersebut. Setelah itu, ia langsung menuju ke arah depan kantor dan memutuskan arus meteran listrik yang masuk ke dalam kantor tersebut.

”Saya langsung matikan meterannya, dan meminta tolong tetangga sebelah untuk menghubungi karyawan PT Trakindo ini,” kata Ateng.

Sementara itu, Rindu, karyawan PT Trakindo cabang Tanjungpinang mengatakan, ia mengetahui kejadian itu setelah mendapatkan informasi dari tetangga kantor tersebut. Saat itu, ia bersama rekannya sedang keluar makan siang.

”Di kantor ini cuma kami berdua, rekan lainnya pada keluar kota. Memang, kondisi kantor pada saat itu sedang kosong,” ujar Rindu.

Dikatakan Rindu, setelah sampai di kantor, ia langsung membuka pintu dan melihat asap hitam yang menyelimuti ruangan tersebut keluar dari salah satu ruangan office yang berada di tengah. Ruangan tersebut berisi sejumlah fasilitas kantor seperti komputer.

”Saya dan teman langsung mengambil tabung pemadam api dan menyemprot ke arah sumber api yang berada di ruangan office itu,”katanya.

Rindu juga mengucapkan syukur, api yang saat itu belum sempat melahap semua isi kantor tersebut berhasil dipadamkan. “Tak lama menyemprot, kami langsung menghubungi pihak Damkar untuk membantu memadamkan sumber api itu,”sebut Rindu.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Tanjungpinang, Agustiawarman yang juga ikut memantau kejadian tersebut menambahkan, pihaknya mendapatkan laporan itu setelah 10 menit kejadian kebakaran itu berlangsung. Pihaknya pun langsung menerjunkan tiga unit Damkar untuk siaga dilokasi tersebut.

”Apinya sudah berhasil dipadamkan, dan hingga saat ini tidak ada lagi sumber api yang kemungkinan akan terjadi kebakaran,” ujar Agustiawarman.

Dikatakan Agustiawarman, pihaknya mencatat, ada beberapa kursi dan komputer yang mengalami kerusakan. “Kerugian yang dialami pemilik kantor itu sekitar Rp10 juta. Dan kebakaran ini juga diduga korsleting arus pendek yang berasal dari AC,” pungkasnya.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar