Kawasan Tertib Lalulintas Jadi Sasaran Operasi Simpatik di Tanjungpinang

931
Pesona Indonesia
Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian Siagian Menyematkan Pita Tanda Dimulainya Operasi Simpatik Seligi 2016. Foto:Osias De/Batampos
Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian Siagian Menyematkan Pita Tanda Dimulainya Operasi Simpatik Seligi 2016. Foto:Osias De/Batampos

batampos.co.id – Operasi Simpatik Seligi Tahun 2016 oleh Polres Tanjungpinang yang dimulai Selasa (1/3) hingga (21/3), akan mengoptimalisasikan penerapan Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) guna menciptakan lokasi penggal jalan, tertib marka, rambu parkir, serta pengguna jalan. Hal tersebut, dikatakan Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian Siagian saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Simpatik Seligi 2016, di Mako Polres Tanjungpinang, Selasa (1/3).

”Manfaat KTL saat ini masih kurang dirasakan oleh masyarakat karena sentuhan dari stakeholder yang membidangi lalulintas kurang optimal. Untuk itu pada momen operasi simpatik kali ini, KTL yang sudah ada kita tingkatkan menjadi lokasi pengguna jalan tertentu yang ditangani secara lebih terkoordinatif dan terprogram,” ujar Krist sapaan akrab Kapolres.

Krist mengatakan operasi kali ini memfokuskan pada KTL dan menetapkan indikator keberhasilan serta kinerja petugas pada lokasi tersebut. Indikator keberhasilan dan kerja KTL dapat memberikan nuansa positif sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluruh pengguna jalan dan masyarakat lainnya.

”Petugas KTL proaktif dalam melaksanakan kegiatan penerangan, penyuluhan, peneguran, penindakan dan pengawasan pengendalian lalulintas secara konsisten sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Krist.

Dilanjutkan Krist, dalam pelaksanaanya operasi simpatik tahun ini terbagi dalam satgas antara lain, deteksi dini, preventif, penegakan hukum dan satgas bantuan operasi. Satgas ini akan melakukan kegiatan utamanya secara internal terhadap personil Polri khususnya Polantas dan kepada masyarakat pengguna jalan pada KTL.

”KTL diharapkan adanya perubahan dan semakin berkembang penggal jalannya sehingga ketertiban dan kepatuhan hukum masyarakat dalam berlalu lintas pada akhirnya dapat meningkatkan citra disiplin nasional,” ucap Krist.

Dalam Operasi Simpatik Seligi kali ini, Polres Tanjungpinang turut melibatkan instansi lainnya agar dapat menciptkan ketertiban lalulintas bagi seluruh masyarakat. Adapun instansi lain yang dimaksud yakni Satpol PP baik Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang serta Dinas Perhubungan.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar