Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.

batampos.co.id – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris pagi hari ini telah mengukuhkan Komunitas Jaga Kampung (KJK). Sebelumnya KJK ini sudah dibentuk oleh pemuda Tarempa untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban kampung khususnya di Kelurahan Tarempa.

Haris, mengatakan kegiatan yang seperti itu sangatlah bagus, namun harus dibekali ilmu dalam menjalankan tugas di lapangan nanti. Tidak terbentur dengan pihak keamanan lain. Sebaliknya, harus menjalin kerja sama yang baik antar satuan pengamanan yang lain supaya dapat memperkuat persatuan sehingga dapat menciptakan keamanan dan ketertiban. “Saya dukung dengan niat pemuda dalam menjaga kampung,” ungkap Haris.

Menurutnya, ini patut dicontoh seluruh desa dan kelurahan Kabupaten Kepulauan Anambas, sebab kegiatan yang dilakukan akan banyak berdampak positif bagi masyarakat dalam menikmati kenyamanan. Hal seperti ini dapat meringankan beban dan tugas yang ditanggung oleh pihak keamanan lain. “Paling tidak dapat membantu melaporkan kepada pihak keamanan, apabila ada hal-hal yang mencurigakan, asal laporan tersebut dapat dipertanggung jawabkan,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Tarempa Ling Sumindar, mengatakan, komunitas tersebut bertujuan untuk membantu menjaga keamanan dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Namun tentu pembentukannya harus melalui prosedur dan sesuai dengan aturan yang berlaku. “kami hanya memfasilitasi niat baik dari sejumlah pemuda,” kata Sumindar, Selasa (1/03).

Sumindar, berharap dengan adanya komunitas tersebut dapat lebih memberi rasa kenyamanan dan ketertiban bagi warga sekitar. Masing -masing dari anggota KJK akan diberi pembekalan khusus. Kegiatan yang dilakukan hanya sebatas menjaga kampung. “Setiap malam akan diberi tugas masing-masing anggota untuk jaga malam,” ucapnya.

Lanjutnya, KJK itu terbentuk beberapa bulan yang lalu tepatnya pada tanggal 26 Januari 2016 di Kota Tarempa yang disaksikan oleh beberapa elemen masyarakat dan didampingi dari pihak Kecamatan Siantan. “Mudah-mudahan KJK ini bisa berperan aktif dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat,” tandasnya.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar