Daerah Terdepan Mendapat Perhatian Pemerintah Pusat

315
Pesona Indonesia
Gubernur Kepri HM Sani (kiri) saat mengadukan soal penyusutan DBH Migas Kepri kepada Wakil Ketua DPR RI  Jazilul Fawaid. foto:humas pemprov
Gubernur Kepri HM Sani (kiri) dan Wakil Ketua DPR RI Jazilul Fawaid. foto:humas pemprov

batampos.co.id – Kunjungan rombongan Dewan Perwakilan Rakyat (RI) ke Tanjungpinang, Rabu (2/3) kemarin membawa harapan baru bagi daerah-daerah terdepan yang ada di Provinsi Kepulauan. Sebab itu, Gubernur Sani mengajak serta sejumlah kepala daerah mengikuti jamuan bersama rombongan dari Senayan.

Wakil Ketua DPR RI, Jazilul Fawaid menerangkan, Pemerintah Pusat pada tahun 2016 memang menaruh perhatian kepada banyak daerah terdepan di Indonesia. “Termasuk juga di Provinsi Kepri. Yang terdepan jadi perhatian,” ujar politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Sebab itu, Jazilul berterima kasih kepada Gubernur Sani karena dilibatkannya bupati serta walikota pada pertemuan kemarin. Dari pertemuan itu, rombongan DPR RI mengaku mendapatkan banyak masukan untuk dibahas lebih lanjut di tingkat pusat. Sehingga besar kemungkinan bisa mendapatkan bantuan program-program berupa peningkatan kualitas di daerah-daerah terdepan.

Karena rupanya dari pertemuan kemarin itu, rombongan Senayan ini mendapatkan kenyataan bahwasanya daerah terdepan semacam Kabupaten Anambas dan Lingga punya potensi pariwisata yang tak tepermanai. “Bahkan Lingga rupanya juga punya potensi dapat menjadi kabupaten pemasok pertanian,” ujarnya.

Ketahanan pangan dan pariwisata adalah dua sektor yang mesti diketengahkan di daerah-daerah perbatasan. Jazilul menandai dua sektor ini mesti berlaku optimal di Provinsi Kepri. “Ketahanan pangan dan pariwisata ini erat kaitannya dengan aspek kemandirian suatu daerah,” ucapnya.

Sedangkan Gubernur Muhammad Sani memang sudah mengimbau agar kepala daerah yang diajaknya menemui rombongan DPR RI ini menyampaikan aspirasi dari masyarakatnya. Yang terlihat kemarin ada Bupati Bintan Apri Sujadi, Bupati Anambas Wan Zuhendra, dan Bupati Lingga Alias Wello.

“Peluang seperti ini tidak boleh disia-siakan. Mereka yang paling tahu permasalahan di daerahnya masing-masing, jadi harus disampaikan,” ucap Sani.

Sani sendiri juga menampilkan ketakinginan menyia-nyiakan kesempatan ini. Sani juga turut mendukung agar pemerintah pusat bisa memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah terdepan. “Inilah pintu masuk ke Indonesia. Harus dibangun bersama agar bisa berdiri tegak di hadapan negara lain,” pungkas Sani. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar