GM PLN: Pemadaman Listrik Bisa Terjadi Kapan Saja

503
Pesona Indonesia
Armunanto Manager PLN Area Tanjungpinang (baju putih) menjawab pertanyaan awak media saat Coffee Morning di Kantor PLN Tanjungpinang, Rabu (2/3). F.Yusnadi/Batam Pos
Armunanto Manager PLN Area Tanjungpinang (baju putih) menjawab pertanyaan awak media saat Coffee Morning di Kantor PLN Tanjungpinang, Rabu (2/3). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Dalam coffee morning kemarin, General Manager (GM) PLN area Tanjungpinang, Armunanto menjelaskan perihal pemadaman listrik yang masih kerap terjadi di Kota Tanjungpinang.

Menurutnya, ada dua penyebab terjadinya pemadaman, yaitu pemadaman tidak terencana, dan pemadaman terencana.

Pemadaman terencana lebih disebabkan adanya pemeliharaan pembangkit, pemeliharaan jaringan distribusi, dan defisit yang terjadi pada 2015 lalu. Sementara pemadaman yang tidak terencana disebabkan antara lain karena gangguan pohon, binatang, petir, dan cuaca, alam seperti tanah longsor. Juga disebabkan kerusakan jaringan yang terjadi tiba-tiba.

“Meskipun listrik di Bintan masih surplus 12,1 MW, dengan daya maksimal 70 MW dan beban puncak 58,5 MW. Tapi tetap saja cuaca biasa mempengaruhi,” ujarnya.

Untuk meningkatkan fungsi pelayanan jikalau terjadi gangguan mendadak, pihak PLN akan mengoptimalkan peran Humas PLN dan media melalui grup media sosial di line telpon 0822-8402-5724.

GM PLN Area Tanjungpinang, Armunanto juga menyatakan komitmennya untuk tetap menjaga kondisi listrik tetap stabil. Salah satunya dengan memutuskan aliran listrik ke pengguna listrik besar, seperti hotel atau pusat perbelanjaan. Pemutusan tersebut akan dilakukan jika daya listrik mencapai beban puncak.

Itu dilakukan, mengingat para pelanggan pengguna daya listrik besar dinilai mampu menyediakan listrik secara mandiri untuk jangka waktu sementara. “Karena mereka bisa memakai genset,” ujarnya. Dalam hal ini, masyarakat umum menjadi fokus pelayanan utama pihak PLN Area Tanjungpinang untuk menikmati listrik. (lra/bpos)

Respon Anda?

komentar