Tak Bisa Dilalui Mobil, Jalan Pasir Merah Perlu Diperluas

341
Pesona Indonesia
Jalan Pasir Merah yang sempit. foto:syahid/batampos
Jalan Pasir Merah yang sempit. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Warga yang tinggal di jalan Pasir Merah mendesak pemerintah agar memperlebar jalan menuju Pasir Merah lantaran jalan itu dinilai sangat sempit dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Selain itu saat ini kondisinya juga sangat memprihatinkan.

Jalan tersebut memang jalan utama dari Tarempa menuju Tarempa Timur. Namun setelah pelantar beton Semen Panjang (SP) dibangun masyarakat Tarempa menggunakan akses jalan tersebut untuk menuju Desa Tarempa Timur yaitu Antang. Sementara itu jalan utama menjadi jalan tua yang jarang dilalui masyarakat kecuali warga Pasir Merah Tarempa.

Bahkan jalan ini sempat dijadikan warga Tarempa untuk membuang sampah sehingga disisi jalan yang mengarah kelaut penuh dengan sampah plastik. Beruntung sekarang tidak lagi. Sampah yang menumpuk tersebut sudah banyak yang habis terbakar sehingga sekarang ini sudah lebih bersih.

Namun demikian tetap perlu pelebarang dan perbaikan. Supaya masyarakat khususnya warga Pasir Merah lebih nyaman menikmati jalan yang mulus. “Kami sangat membutuhkan pelebaran jalan itu, sebab jalan yang kini kami gunakan sudah tidak layak selain terlalu sempit jalannya juga sudah banyak yang rusak,” kata Ketua RT Pasir Merah Chandra, Rabu (2/3).

Menurutnya setelah Kabupaten kepulauan Anambas dimekarkan, belum pernah disentuh pembangunan di jalan itu, baik itu perbaikan jalan yang berlubang maupun penambahan pelebaran jalan. Ia mengaku akses jalan tersebut jarang digunakan warga lainnya, namun bagi warga sekitar jalan tersebut sangat dibutuhkan.

Sementara saat di temui Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sahtiar mengatakan hal itu sudah menjadi program dari pemerintah daerah. Bahkan ia sudah perintahkan para pegawainya untuk mengukur jalan itu. “Akan kita anggarkan tahun ini, mudah-mudahan anggarannya tersedia,” ucapnya.

Tidak dapat dipungkiri jalan tersebut nantinya akan sangat diperlukan, sebab pembangunan jalan lingkar yang akan dibangun di tepi laut itu sudah di ajukan ke pemerintah pusat. Tentu sebagai alternatif jalan di Pasir Merah akan sangat bermanfaat bagi pengguna jalan. Jalan Pasir Merah yang bakal dibangun itu tidaklah terlalu panjang, hanya 1 kilometer saja. Namun kondisi jalannya yang terjal dan sempit butuh perencanaan yang matang. “Kita upayakan jalan itu dibangun tahun ini, jika anggarannya tersedia,” pungkasnya.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar