Tamu Hotel di Padang Berhamburan Saat Gempa

625
Pesona Indonesia
Akses jalan menuju tempat evakuasi lumpuh total sesaat setelah gempa menggunjang Sumatera Barat, Rabu (2/3/2016) malam. Seperti  terlihat di jalan Simpang Tabing, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.  Foto: jpgrup
Akses jalan menuju tempat evakuasi lumpuh total sesaat setelah gempa menggunjang Sumatera Barat, Rabu (2/3/2016) malam. Seperti terlihat di jalan Simpang Tabing, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Foto: jpgrup

batampos.co.id – Gempa besar 8,3 SR yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Rabu (2/3/2016) malam juga sampai di Kota padang dan sekitarnya. Penghuni hotel di Sumatera Barat pun berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Tak sekadar berhamburan keluar hotel, mereka juga berlari mencari titik paling tinggi karena gempa besar ini berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepanikan kian menjadi-jadi karena bukan hanya penghuni hotel yang berhamburan, tapi hampir seluruh warga Padang. Mereka juga mencari tempat yang tinggi karena khawatir terjadi tsunami.

Akibatnya, arus lalu-lintas di sejumlah ruas jalan Padang mengalami kemacetan.

Mereka yang mengevakuasi diri terutama yang berada di dekat pantai seperti Jalan Hamka, Kota Padang persis di depan Grand Basko Mall dan Basko Hotel Padang. Di sini lalu lintas sempat terlihat padat merayap.

Wahyu Nurchayani, 30, salah seorang warga yang berada di Basko Hotel Padang mengaku merasakan goncangan gempa yang sangat dahsyat.

“Seketika ada goncangan saya dan tamu lainnya berhamburan keluar menyelamatkan diri,” kata Wahyu Nurcahyani (30) salah seorang pegawai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sedang mengikuti seminar di Hotel Basko Padang.

Saking paniknya warga, sejumlah pejabat di Kota Padang akhirnya turun tangan menenangkan warga. Salah satunya, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, yang turun menenangkan warga yang mengungsi di shelter Escape Building Kantor Gubernur Sumbar, di Jalan Sudirman.

Nasrul meminta warga tidak panik, karena peringatan sunami menyusul gempa di Kepulauan Mentawai, Sumbar, sudah dicabut.

Gempa besar ini mengguncang Sumbar 682 km Barat Daya dari Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 10 km. BMKG juga sempat mengeluarkan peringatan dini atas tsunami. (jpgrup)

Respon Anda?

komentar