Tiga Tahun Herry Sabar Mengalami Kerugian

Luti Gendang, Oleh-oleh Khas Batam

1728
Pesona Indonesia

luti gendang5batampos.co.id – Datang ke Batam, jangan lupa bawa oleh-oleh luti gendang (roti goreng). Cemilan ini khas dengan bahan isinya yang terbuat dari abon ikan yang diolah khusus.

Sekitar lima tahun yang lalu, belum banyak yang tahu dengan makanan ini, tapi saat ini luti gendang menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang harus dibawa kalau berkunjung ke Batam.

Rumah Makan atau kedai kopi Mie Tarempa yang dikelola Herry,43, inilah yang pertama kali di Batam mengenalkan luti gendang sebagai oleh-oleh khas Batam. Diungkapkan Herry, usaha yang dirintisnya sejak 2007 lalu diakuinya tiga tahun pertama adalah masa yang sangat sulit. “Produksi masih sedikit dan rugi terus karena ngak ada yang beli, meskipun ada itupun sedikit sekali yang laku,” ungkapnya.

Namun kesabaran dan keyakinannya, hasilnya seperti yang bisa dilihat saat ini. Bisa dikatakan setiap hari dua lokasi tempat makan yang dikelolanya, Mie Tarempa’k Sei Panas dan Batam Center selalu ramai. Apalagi di akhir pekan. Awalnya Herry hanya memiliki dua orang karyawan, saat ini ada 70 orang karyawan yang membantunya.

“Dulu saya dan istri ikut masak, dan selama tiga tahun usaha ini selalu rugi, bisa bertahan karena saya subsidi dari bisnis yang lain,” ujar Herry yang sebelumnya memiliki usaha alat-alat perkantoran.

Konsep usaha makanan yang dibangun Herry dari awal sama seperti yang sekarang, menyajikan makanan yang menunjukkan ciri khas kampung halamannya di Pulau Tarempa, terutama mi tarempa yang sekaligus dijadikan merek usahanya. “Semua jenis makanan yang dijual sekarang dari awal sudah ada, cuma saya buat dalam jumlah yang kecil,” papar bapak satu anak ini.

Awalnya, Mie Tarempa yang membuat usahanya lebih dikenal, tapi itu pun butuh waktu tiga tahun. Kemudian, jenis cemilan lainnya seperti luti gendang mulai banyak disukai konsumennya. Bahkan karena permintaan konsumennya juga, Herry terinspirasi membuat konsep luti gendang ini sebagai oleh-oleh khas Batam.

“Saya ingat betul, tahun 2012, ada yang pesan luti gendang ini untuk dibawa jadi oleh-oleh, setelah itu ada yang pesan setengah matang, jadi konsep pengiriman setengah matang ini juga saya tahu dari pelanggan,” ungkapnya.

Mulai datangnya pesanan luti untuk jadi oleh-oleh, Herry pun mulai berfikir membuat kemasan yang menarik. Akhirnya kini luti gendang jadi salah satu pilihan favorit oleh-oleh makanan kalau berkunjung ke Batam. Diungkapkan Herry, jika dulu ia hanya berani buat luti dengan adonan 2 kilogram dan banyak bersisa. Namun sekarang setiap hari produksi 30-50 kilogram atau sekitar 3000 buah luti gendang dan hampir tidak ada sisa. “Paling banyak memang orderan untuk oleh-oleh,” tambahnya.

Salah satu upaya mengembangkan pasar, saat ini luti gendang juga bisa di order lewat www.b-niaga.com atau telpon ke 0831-9115-6046 / 0812-7008-9343 (SMS/WA). Dengan harga yang sama, Anda tidak perlu datang ke tepat. Bahkan bagi Anda yang ingin mengirimkan luti gendang ke luar kota untuk oleh-oleh, tanpa susah-susah datang ke RM Mie Tarempa’k, pesanan Anda kami kirim ke rumah bahkan juga ke luar kota sesuai dengan alamat yang diminta. (dew)

Respon Anda?

komentar