29 Kepala Desa Dilantik Serentak Tahun Ini, Wajib Miliki BUMDes

686
Pesona Indonesia
 Kepala BPMPD Pemkab Natuna Indra Joni. foto:net
Kepala BPMPD Pemkab Natuna Indra Joni. foto:net

batampos.co.id – Kepala BPMPD Pemkab Natuna Indra Joni mengatakan, sebanyak 29 Kepala Desa di Natuna disiapkan untuk dilantik serentak.

Menurutnya, Kepala Desa yang akan dilantik perlu mendapat bimbingan teknis sebagai penunjang pelaksanaan pemerintahan Desa. Utamanya menyangkut pengelolaan keuangan.

“Tahun 2017 mendatang, dalam estimasinya setiap desa mengelola anggaran hampir mendekati Rp 2 miliar, jangan sampai terjerat masalah hukum,” ungkap Indra Joni, Kamis (3/3).

Anggaran yang mengalir ke desa, kata Indra, bersumber dari dana desa program pemerintah pusat dan alokasi dana desa yang merupakan program pemerintah daerah.

Besarnya anggaran ke desa, sambungnya, diperlukan penguatan pendampingan perencanaan baik dari BPMPD, Bappeda dan BPKAD. Hal ini penting, supaya pemerintahan desa berjalan baik mengikuti aturan berlaku.

“Tentu meminimalisir aparatur desa terjerat masalah hukum apalagi sampai harus tinggal di rumah tahanan negara,” ujar Indra.

Dikatakan Indra, semua desa wajibkan memiliki BUMDes, sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 6 tentang Desa. Namun saat ini baru 21 desa memiliki BUMDes, sementara 49 desa belum mendirikan BUMDes.

Bahkan sambungnya, setiap kecamatan juga wajib memiliki badan usaha milik bersama, untuk kelanjutan program simpan pinjam PNPM. Saat ini aset simpan pinjam mencapai Rp 39 miliar.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar