Jaksa Agung Resmi Hentikan Kasus Mantan Pimpinan KPK

461
Pesona Indonesia
Mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto dan Abraham Samad. Foto: istimewa
Mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto dan Abraham Samad. Foto: istimewa

batampos.co.id – Lama ditunggu, kasus yang menjerat mantan pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto, akhirnya di-deponering atau mengesampingkan perkara demi kepentingan umum oleh Kejaksaan Agung.

Jaksa Agung Prasetyo dalam jumpa pers, Kamis (3/3/2016) di kantor Kejaksaan Agung mengatakan deponering kasus Samad dan BW dilakukan setelah mempertimbangkan sejumlah fakta.

Akhirnya atas dasar fakta itu Jaksa Agung menggunakan hak prerogatif yang diberikan pasal 35 huruf c Undang-undang nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan untuk mengambil keputusan.

“Keputusan yang diambil adalah mengesampingkan perkara, deponering perkara atas nama Abraham Samad dan Bambang Widjojanto,” kata Prasetyo.

Dia menegaskan, pengesampingan  perkara dilakukan semata-mata demi kepentingan umum. “Semenjak diputuskan maka perkara atas nama AS dan BW mantan ketua dan wakil ketua KPK dinyatakan berakhir, ditutup, dan dikesampingkan,” ujar Prasetyo. Dia berharap dengan diputuskan pengesampingan perkara Samad dan BW, semua pihak dapat menerima dan memahami.

Seperti diketahui, Abraham Samad menyandang status tersangka pemalsuan dokumen 2007. Sedangkan BW dijerat sebagai tersangka memerintahkan kesaksian palsu di persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 2010 di Mahkamah Konstitusi. (jpnn)

Respon Anda?

komentar