Polair Tangkap Kapal Bermuatan 2 Ton BBM

651
Pesona Indonesia
Ilustrasi BBM ilegal
Ilustrasi BBM ilegal

batampos.co.id – Jajaran Satuan Polair Polda Kepri berhasil menangkap kapal bermuatan bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 2 ton, Kamis (3/3/2016) lalu. BBM tersebuit diduga dibeli dari kapal-kapal asing yang “kencing” di perairan internasional (Outside Port Limits/OPL).

Selain mengamankan kapal dan 2 ton BBM, polair juga mengamankan tiga orang yang ada di kapal tersebut. Mereka adalah kapten kapal berinisial AT, 39, dan dua anak buah kapal K dan D.

“Mereka kami tangkap saat menuju Tanjunguma, mereka tak bisa menunjukkan surat-surat yang kami minta, makanya kami amankan,” ujar Kasat Polair Polresta Barelang, Iptu Arsyad Riyandi, Jumat (4/3/2016).

Arsyad mengatakan, BBM tersebut rencananya akan dijual oleh pelaku ke warga di Tanjunguma yang membutuhkan.

Yang mengejutkan, ketiga orang yang diamankan ini sudah sering membeli BBM hasil “kencing” (istilah kapal yang menjual kelebihan minyak ke kapal lain, red) di wilayah timur OPL. Diduga mereka sudah memiliki langganan kapal-kapal tertentu.

Umumnya, BBM hasil “kencing” kapal di OPL dijual dengan harga yang murah. Hasil penjualan BBM itu biasanya dibagi-bagikan ke ABK.

Modus seperti ini tak hanya terjadi di kapal-kapal Indonesia, tapi juga kapal-kapal asing. (kontri 1/eggi)

Respon Anda?

komentar