Tak Percaya Tuhan, Seorang Pria Rusia Terancam Masuk Bui

447
Pesona Indonesia
(Foto: Associated Press)
(Foto: Associated Press)

batampos.co.id – Seorang pria di Rusia kemungkinan akan dijebloskan ke penjara karena telah menyangkal keberadaan Tuhan dalam sebuah forum diskusi online.

Viktor Krasnov, yang menulis “Tidak ada Tuhan” di jejaring sosial VKontakte pada tahun 2014 silam, kini tengah┬ádiadili di Stavropol, Rusia selatan. Dia dituntut dengan pasal kontroversial tahun 2013, yang dikenal sebagai Pasal 148, yang mengkriminalkan tindakan yang menyinggung perasaan dan keyakinan agama seseorang.

Jika terbukti bersalah, Krasnov akan menjalani hukuman penjara hingga satu tahun atau membayar denda sebesar 300.000 rubel (sekitar 58 juta rupiah).

Krasnov menulis komentarnya tersebut pada bulan Oktober 2014. Dia juga menyebut Alkitab sebagai “kumpulan dongeng Yahudi”.

Pasal 148 diberlakukan di Rusia setelah band perempuan Pussy Riot melakukan “doa punk” di gereja ortodoks utama Rusia di Moskow, menyerukan Bunda Maria untuk “mengusir Putin pergi” pada Februari 2012.

Dua personel band Pussy Riot kemudian dijatuhi hukuman dua tahun penjara dengan tuduhan “hooliganisme yang dimotivasi oleh kebencian agama” di tengah kemarahan internasional.

Amnesty International mengkritik Pasal 148 karena dianggap telah “menyusutkan ruang untuk kebebasan berekspresi di Rusia.”

 

(sam)

Respon Anda?

komentar