Catatan Rio Haryanto semakin Baik, Siap Hadapi Lomba

560
Rio Haryanto saat menjalani sesi uji coba F1 di sirkuit Catalunya, Spanyol.
Rio Haryanto saat menjalani sesi uji coba F1 di sirkuit Catalunya, Spanyol.

batampos.co.id – Manor-Mercedes yang menaungi pembalap kebanggaan Indonesia Rio Haryanto menunjukkan kemajuan luar biasa. Manor membukukan waktu terbaik 1 menit 25,899 detik melalui Rio pada uji coba terakhir pramusim Formula 1 2016 tadi malam (4/3).

Genap delapan hari uji coba di Sirkuit Barcelona, Kimi Raikkonen (Ferrari) menjadi yang tecepat. Raikkonen membukukan waktu tercepat saat diturunkan pada Kamis lalu (3/3) dengan mencatatkan 1 menit 22,765 detik.

Rekan setimnya, Sebastian Vettel, menjadi yang tercepat dalam hari terakhir kemarin. Namun, catatan waktu Vettel masih terpaut 0,087 detik dari Raikkonen.

Catatan Rio bisa lebih baik lagi kalau mobil MRT05 tidak mengalami masalah pada mesin.

Masalah itu membuat Rio hanya berdiam diri di paddock sepanjang sesi pertama pada pagi hari. Baru menjelang sesi pertama selesai, dia berputar satu lap untuk melakukan pengecekan.

Akibat masalah itu, Rio tidak bisa memaksimalkan sesi kedua untuk simulasi lomba. Dia harus membagi waktu untuk simulasi kualifikasi. Satu setengah jam pertama dia gunakan untuk mengejar catatan waktu terbaik. Dimulai dengan menggunakan ban soft (kuning), supersoft (merah), lalu ultrasoft (ungu).

Baru kali pertama menggunakan ultrasoft, performa Rio cukup meyakinkan. Dia membukukan 1 menit 25,899 detik. Meski masih kalah oleh rekan setimnya, Pascal Wehrlein, yang menorehkan 1 menit 24,913 detik sehari sebelumnya. Namun, itu tidak bisa dijadikan patokan.

Sebab, waktu Rio banyak terbuang karena dua kali gangguan. Namun, yang patut disyukuri oleh penggemar olahraga di tanah air adalah performa Manor yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Mobil Manor mampu memperdendek jarak dengan mobil tercepat.

Sebagai gambaran, dalam kualifikasi Grand Prix Spanyol tahun lalu, juga di Sirkuit Barcelona, mobil Manor terpaut sekitar enam detik dari Mercedes yang ketika itu merebut pole position melalui Nico Rosberg. Kini gap Rio dengan Raikkonen yang merupakan pembalap tercepat tinggal tiga detik.

Yang lebih menggembirakan lagi, performa Rio saat long run cukup stabil. Dia mampu mengelola ban dengan baik.

”Rio memang punya keunggulan dalam hal manajemen ban. Sejak dulu, di GP2 maupun level di bawahnya,” kata Dennis van Rhee, personal trainer Rio.

”Saya yakin, meski kurang meyakinkan saat kualifikasi, Rio akan melampaui beberapa pembalap di depannya saat lomba nanti,” imbuhnya.(*/c4/na)

Respon Anda?

komentar