Malam Ini, Festival Tari Bintan Digelar di Kijang

900
Pesona Indonesia
Aksi penari pada Festival Tari Bintan tahun lalu. Nanti malam, Festival Tari Bintan 2016 akan dihelat di Lapangan Relief Antam Kijang, Bintan Timur. F. Fatih Muftih / Batam Pos.
Aksi penari pada Festival Tari Bintan tahun lalu. Nanti malam, Festival Tari Bintan 2016 akan dihelat di Lapangan Relief Antam Kijang, Bintan Timur. F. Fatih Muftih / Batam Pos.

batampos.co.id – Sebanyak 14 sanggar tari dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bintan bakal adu kebolehan membawakan tarian kreasi kontemporer terbaik pada helatan Festival Tari Bintan 2016, Sabtu (5/3) malam ini di Taman Relief Antam Kijang, Bintan Timur. Menyuguhkan olah gerak tubuh terbaik adalah keniscayaan guna memperebutkan dua tiket untuk tampil di festival tari tingkat provinsi.

“Juara satu dan dua di tingkat kabupaten bakal mewakili Bintan pada parade tari tingkat provinsi,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira, Jumat (4/3).

Setahun sebelumnya, dua sanggar utusan Bintan di tingkat provinsi mencatat hasil sempurna dengan menyabet dua peringkat utama. Sehingga berhak mewakili Provinsi Kepri di kontes tari kontemporer tingkat nasional.

Sanggar Tari Tuah Pusaka dari Bintan Timur dan Sanggar Tari Sang Nila Utama dari Bintan Utara bahkan mendapatkan penghargaan pada beberapa kategori yang dilombakan di tingkat nasional. Catatan gemilang semacam ini yang diharapkan Luki bisa kembali terulang.

“Prestasi tahun lalu itu adalah pemantik arus kreatif sanggar tari lainnya. Kami berharap besok (malam ini, red), kita semua bisa mellihat karya anak-anak Bintan,” ucap mantan Kepala Satpol PP Bintan ini.

Terkait dengan aspek penjurian, Luki menerangkan akan dipakai indikator dan aspek nasional dalam penilaian. Juga mendatangkan juri yang sudah berpengalaman di tingkat lokal dan nasional. “Kategori penilaiannya general. Kami mendekatkan dengan indikator nasional. Agar siap berlaga nantinya ketika nantinya mewakili Provinsi Kepri ke tingkat nasional,” ungkapnya.
Koreografer Sanggar Sang Nila Utama, Heru Ikhsan menjelaskan, sudah menyiapkan suguhan tari kontemporer ala Melayu terbaru. Tentu, kata dia, dengan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal Melayu sebagai bahan dasar olah geraknya. “Sudah jadi konsep tarinya. Saat ini sedang memantapkan persiapannya saja,” ujarnya.

Pada Festival Tari Bintan 2016, Sang Nila Utama, kata Ikhsan, tidak mematok target muluk-muluk. Koreografer muda ini hanya ingin memberikan suguhan tari kontemporer yang baik dan bisa menghibur masyarakat Bintan. “Soal menang atau tidak itu urusan nanti. Tapi kami ingin menampilkan yang terbaik,” pungkasnya.

Optimisme sama ditunjukkan penari Sanggar Tari Tuah Pusaka, Vivi Yuliandari. Menurut dara belia ini, sanggarnya juga sudah siap menyuguhkan sesuatu yang berbeda pada Festival Tari Bintan malam ini. Bahkan untuk itu, latihan keras sudah dilakukan sepanjang malam jelang perlombaan. “Semoga bisa menghibur masyarakat Bintan yang datang,” ujarnya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar