Polda Kepri Lengkapi Tahapan Pembentukan Polres Anambas

539
Pesona Indonesia
Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian. foto:cecep mulyana/batampos
Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian. foto:cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Wacana pembentukan Polres Anambas tengah diperjuangkan Kepolisian Daerah (Polda) Kepri. Saat ini Polda Kepri tengah fokus memperjuangkan tahapan-tahapan pembentukan Polres baru tersebut.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan, wacana pembentukan Polres Anambas sudah lama diwacanakan. Namun karena pembentukan Polres baru harus melalui beberapa tahapan persiapan sehingga memang memakan waktu.

Namun dimasa pimpinannya saat ini kapolda mengaku akan mengupayakan secepat mungkin agar Polres Anambas segera terbentuk. Ini mengingat Anambas yang sebelumnya masuk dalam peta Kabupaten Natuna kini sudah berdiri sendiri sejak 2008 lalu, jadi perlu mendirikan Polres sendiri sebagai mana layaknya kota atau kabupaten lainnya.

“Semua sedang dalam proses persiapan (pembangunan Polres Anambas). Lahan akan segera dibicarakan lagi dengan pemerintah provinsi ataupun Pemkab Anambas,” ujarnya di Mapolda Kepri, Kamis (3/3).

Selain persoalan lahan, Polda Kepri juga tengah mengkaji anggaran dan personil yang akan menempati Polres baru itu nanti. “Secepatnya akan kami upayakan agar wacana ini terwujud, makanya sekarang lagi kerja semua prosedurnya, termasuk anggaran dan personil agar disampaikan ke pusat (Mabes Polri),” ujarnya.

Wacana ini memang diakui Sam cukup penting, mengingat kabupaten ketujuh yang mekar di provinsi Kepri itu, butuh pengamanan dan perhatian yang lebih dari kepolisian. “Bagaimanapun pengamanan wilayah kabupaten atau kota memang harus lebih khusus, tidak bagus juga kalau gabung dalam dua kabupaten atau kota dengan satu Polres,” ujarnya.

Untuk itu selain melengkapi tahapan-tahapan yang disebutkan diatas, Kapolda juga berharap agar pemerintah Anambas sendiri kooperatif dengan wacana tersebut sehingga semua tahapan proses berjalan lancar nantinya. (eja/bpos)

Respon Anda?

komentar