Musisi Jazz Ireng Maulana Wafat

806
Pesona Indonesia
Ireng Maulana saat tampil dalam suatu acara musik jazz. Foto: ytimg.com
Ireng Maulana saat tampil dalam suatu acara musik jazz. Foto: ytimg.com

batampos.co.id – Dunia hiburan tanah air kembali berduka. Musisi jazz kenamaan Ireng Maulana meninggal dunia, Minggu 6 Maret 2016 pukul 00.25 WIB, dalam usia 71 tahun.

Kabar berpulangnya Gitaris bernama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana itu disampaikan langsung dalam perhelatan Java Jazz Festival 2016 di JI Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Minggu (6/3/2016). Kabar ini sontak membuat pencinta musik Jazz sejenak terdiam dan mendoakan Ireng.

“Keluarga besar Java Jazz Festival Production dan Trans Corp Turut Berbela Sungkawa Atas Wafatnya Tokoh Musisi Jazz Bapak Ireng Maulana Pada Hari Minggu 6 Maret 2016 pukul 00.25 WIB. Semoga Amal Ibadah Almarhum Diterima Disisi Allah SWT. Amin.” Begitu kalimat pesan duka itu yang terpampang di layar video saat perhelatan Java Jazz Festival 2016 tersebut.

Kabar duka meninggalnya musisi yang selalu tampil di acara televisi Berpacu Dalam Melodi TVRI era 1980an itu juga terus mengalir di media sosial twitter dengan tagar #RIPirengmaulana.

Ireng lahir di Jakarta, 15 Juni 1944, dari pasangan Max Maulana (pemain gitar) dan Georgiana Sinsoe (pemain piano).

Nama Ireng berkibar di dunia musik jazz setelah membentuk Band Eka Sapta bersama Bing Slamet, Idris Sardi, dan Eddy Tulis. Grup musik ini tampil mengisi acara Pojok Jazz TVRI pada tahun 1970-an.

Setelah itu Ireng memperdalam kemampuan musik jazz di Amerika Serikat dan Belanda, dan pada 1978 mendirikan grup Ireng Maulana All Stars dengan delapan anggota, antara lain Benny Likumahuwa (trombone), Hendra Wijaya (piano), Maryono (saksofon), Benny Mustapha (drum), Karim Tes (terompet), Roni, (bas), dan Ireng Maulana sendiri pada gitar dan banjo.

Kelompok ini terus berkembang hingga terbentuknya Ireng Maulana Associates, sebuah organisasi tempat bergabung para musisi jazz di Jakarta. Dengan lembaga ini pula Ireng menyelenggarakan pesta musik jazz internasional Jakarta Jazz Festival. Selain itu ia juga pernah ikut tampil di North Sea Jazz Festival di Belanda. (nur/berbagai sumber)

Respon Anda?

komentar