Bandara dan Pelabuhan di Batam Sumbang Rp 353 Miliar

501
Pesona Indonesia
Bandara Hang Nadim Batam. Foto: batampos
Bandara Hang Nadim Batam. Foto: batampos

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam memenuhi target pendapatan dari pelabuhan dan bandara di tahun 2015 lalu. Dari bandara didapatkan sekitar Rp 149 Miliar dan dari bandara Hangnadim didapat sebesar Rp 204 Miliar, sehingga totalnya Rp 353 miliar.

“Memang trendnya dari bandara memang selalu lebih tinggi dari pelabuhan. Selisihnya besar tuh,” kata Purnomo Andiantono, Direktur PTSP dan Humas BP Batam, Senin (7/3/2016).

Andi mengatakan dari bandara Hang Nadim ini didapatkan dari parkir pesawat, sewa stand-stand di bandara, dari parkir dan bidang komersil lainnya.

“Untuk parkir pesawat ini, saya tidak tahu berapa. Tetapi itu paling tinggi. Apalagi Hang Nadim selalu padat,” katanya.

Sementara pendatapan dari pelabuhan, lebih banyak didapatkan dari jasa labuh tambat di pelabuhan dan di perairan Batam. Ditambah lagi dengan sewa bangunan komersil yang ada di sekitar pelabuhan.

“Itu sudah termasuk semua pelabuhan yang kita kelola. Baik domestik dan sebagainya,” katanya.

Di tahun ini ia berharap jumlah itu akan meningkat. Mengingat pekabuhan Punggur dengan Sekupang sedang dalam tahap perbaikan.

“Parkir juga akan kita perbaiki. Kita memang targetkan akan lebih besar dari tahun ini,” katanya.

Meski demikian, Andi tidak menyampaikan berapa target pendapatan pelabuhan dan bandara di 2016. Tetapi ia yakin, pendapatan dari pelabuhan dan bandara akan lebih besar.

“Pendapatan dari pelabuhan dan bandara ini juga dipakai untuk operasional. Tetapi tetap anggaran berdasarkan keputusan dari pusat,”katanya. (ian/jpgrup)

Respon Anda?

komentar