Besok Pekan Imunisasi Nasional, Bawa Anak Balita Anda ke Posyandu dan Pos PIN

1039
Pesona Indonesia
Pekan Imunisasi Nasional diselenggarakan 8-15 Maret.
Pekan Imunisasi Nasional diselenggarakan 8-15 Maret.

batampos.co.id – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016 serentak dimulai besok, Selasa (8/3). Di Natuna, untuk pekan imunisasi nasional terdata 7.475 balita yang akan diimunisasi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyafakat Dinas Kesehatan Pemkab Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakant masyarakat yang memiliki balita dapat mendatangi posyandu dan pos PIN terdekat, agar balitanya diberikan imunasasi secara gratis.

“Mulai Selasa (8/3) besok diharapakan seluruh masyarakat Natuna mendatangi posyandu dan pos PIN terdekat usia 0 sampai 59 bulan,” kata Hikmat.

Pekan imunisasi polio tahun ini, kata Hikmat, dilaksanakan di 118 posyandu dan pos PIN di 12 Kecamatan secara merata dan tempat-tempat umum. Pos PIN juga dibuka di terminal bandara dan pelabuhan, rumah sakit, pustu, polindes. Dinas Kesehatan juga melibatkan 637 kader posyandu dan 248 tenaga kesehatan.

Imuninasi polio, kata Hikmat lebih lanjut, adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya.

Tujuan imunisasi polio, sambungnya, mengurangi risiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

“Penyakit polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus polio. Secara klinis penyakit polio adalah anak dibawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut,” kata Hikmat.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar