Pemkab Karimun Ajak Salat Gerhana, Ini Tempatnya…

531
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Peristiwa gerhana matahari merupakan peristiwa luar biasa, karena tidak setiap tahun bisa terjadi. Pada bulan ini, dengan terjadinya gerhana matahari total (GMT), pemerintah menganjurkan untuk melaksanakan salat gerhana pada Rabu (9/3).

”Kejadian GMT merupakan salah satu tanda-tanda kekuasaan dari Allah SWT dan juga telah banyak dijelaskan dalam berbagai hadis sahih. Untuk itu, kejadian yang langka ini pemerintah kabupaten telah mengagendakan untuk pelaksanaan salat gerhana matahari secara berjamaah di dua masjid. Yakni di Masjid Agung Poros dan Masjid Baitul Rahman,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada Batam Pos, Sabtu (5/3).

Salat gerhana di dua masjid tersebut, kata Bupati, akan dimulai pada pukul 06.30 WIB sampai dengan selesai. Selain itu, salat gerhana berjamaah, tidak menutup kemungkinan juga akan diadakan tausiah di dua mesjid tersebut. Untuk itu, dia mengajak kepada umat muslim untuk meramaikan salat gerhana matahari berjamaah selama gerhana berlangsung. Karena, salat merupakan salah satu anjuran dan sunnah dari Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan Rafiq, tidak berarti masjid-masjid lain yang ada di wilayah Kabuaten Karimun tidak boleh mengadakan salat gerhana berjamaah. Tetapi sangat dianjurkan untuk masjid lain melaksanakan hal yang sama. Karena, intinya untuk menyembah kepada Allah SWT dan membuktikan diri bahwa kita adalah hamba ciptaan-Nya. Peristiwa gerhana matahari adalah kebesaran Allah SWT.

”Melalui salat gerhana yang akan dilaksanakan secara berjamaah juga sekaligus untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Dan, ini juga merupakan salah satu program pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Karimun. Yakni, pembangunan mental umat muslim untuk selalu melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah dan apa yang menjadi larangan-Nya,” ungkap Rafiq. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar