Besok, Ada Khutbah usai Salat Gerhana

747
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kendati Provinsi Kepulauan Riau tidak dilintasi gerhana matahari total (GMT), Rabu (9/3) besok pagi, Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan Surat Edaran agar juga dilaksanakan salat sunah gerhana.

“Ada SE langsung dari Kemenag dan MUI yang sudah kami terima, agar di Kepri juga melaksanakan salat muakad tersebut,” terang Kepala Kantor Kemenag Kepri, Marwin Jamal, Senin (7/3).

Soal tata salat sunnah ini, Marwin menjelaskan, tidak ada yang berbeda dengan salat sehari-hari. Hanya saja, usai salat, Marwin mengatakan akan ada khutbah yang disampaikan kepada jemaah. “Isinya seputar ajakan untuk lebih bersyukur dan mengingat kekuasaan besar Allah,” ungkap Marwin.

Diperkirakan salat sunnah ini bakal dilangsungkan bertepatan dengan pergerakan arah gerhana matahari di Kepri sekitar pukul 06.23-08.23 WIB. Ketika peristiwa gerhana selesai seketika itu ibadah sunnah ini selesai.

Marwin menyebutkan, sejumlah kota sudah menyiapkan pelaksanaan salat sunnah yang jarang terjadi ini. Di Tanjungpinang, ibadah ini bakal dipusatkan di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, di Kota Batam, bakal dilangsungkan di Dataran Engku Puteri, Batam Centre, di Bintan akan dilangsungkan di Kijang.

“Beberapa di antaranya juga menggelar di masjid-masjid atausurau-surau juga,” ujarnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar