Hebat, Sabun Hasil Produksi UBK Sebong Lagoi akan Dipasarkan di Kawasan Wisata Lagoi

675
Pesona Indonesia
 Manager CSR PT BRC, Machsun, Asisiten III, Akib Rachim, Ketua PKK Bintan, Deby Apri Sujadi dan SKPD Bintan sedang menunjukkan sabun hasil produksi UBK Sebong Mandiri yang akan di pasarkan PT BRC ke seluruh resort di Lagoi, saat rapat koordinasi antara UBK Sebong Mandiri, Pemkab Bintan dan PT BRC di Wisma PT BRC, Kawasan Wisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Senin (7/3). Foto: Harry/Batampos
Manager CSR PT BRC, Machsun, Asisiten III, Akib Rachim, Ketua PKK Bintan, Deby Apri Sujadi dan SKPD Bintan sedang menunjukkan sabun hasil produksi UBK Sebong Mandiri yang akan di pasarkan PT BRC ke seluruh resort di Lagoi, saat rapat koordinasi antara UBK Sebong Mandiri, Pemkab Bintan dan PT BRC di Wisma PT BRC, Kawasan Wisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Senin (7/3). Foto: Harry/Batampos

batampos.co.id – PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) akan memasarkan berbagai jenis sabun hasil produksi dari Usaha Bersama Komunitas (UBK) Sebong Mandiri ke seluruh hotel dan resort di Kawasan Pariwisata Lagoi. Namun sabun hasil produksi dari komunitas di tiga desa yakni Desa Sebong Lagoi, Sebong Pereh, dan Kota Baru, harus mengantongi berbagai dokumen resmi terlebih dahulu baik label merek, izin kesehatan, hingga izin usahanya.

“Kami dari PT BRC berkomitmen akan membantu memasarkan hasil produk dari kreatifitas tempatan. Salah satunya sabun cuci yang diproduksi UBK Sebong Mandiri ini yang akan kita pasarkan ke seluruh hotel dan resort di Lagoi,” ujar Manager CSR PT BRC, Machsun, saat memaparkan cara pemasaran produk sabun di seluruh hotel dan resort dalam rapat koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, di Wisma PT BRC, Kawasan Wisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Senin (7/3).

Sabun cuci yang diproduksi UBK Sebong Mandiri ini, lanjutnya, memang sudah memiliki label dengan merek Lagoi Cling, Lagoi Clean dan Lagoi Cream. Bahkan tiga jenis sabun ini telah dikemas sesuai dengan standarisasi seperti merek sabun terkenal lainnya. Namun pihak PT BRC menginginkan sabun tersebut memiliki kualitas tinggi baik, sudah teruji dari instansi kesehatan, berbadan hukum, hingga resmi mendapatkan izin perdagangannya.

Selain membantu memasarkan produk asli daerah Bintan ini, sambungnya, PT BRC juga akan memberikan bantuan modal usaha kepada UBK Sebong Mandiri sebesar Rp 20 juta. Dengan dana yang dikucurkan melalui dana CSR perusahaan ini diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh manajemen UBK Sebong Mandiri untuk terus berproduksi barang-barang hasil kretifitasnya.

“Bahkan kita juga akan pasarkan saat menaja iven bertaraf internasional. Sabun ini akan kita promosikan di stand-stand dalam helatan acara tersebut,” katanya.

Sementara Asisten III Bidang Umum, Akib Rachim, mengaku mendukung penuh penjualan sabun yang diproduksi UBK Sebong Mandiri ke seluruh hotel dan resort di Kawasan Wisata Lagoi. Bahkan Pemkab Bintan akan berusaha menyediakan berbagai fasilitas pendukungnya baik dalam mendirikan lokasi usaha, Analisi Dampak Lingkungan (Amdal), label kesehatan, izin perdagangan, melatih manajemen keuangan hingga badan hukum UBK Sebong Mandiri.

“Jika PT BRC komitmen mendukung pemasaran sabun produk UBK Sebong Mandiri. Maka Pemkab Bintan juga akan menyediakan berbagai fasilitas agar UBK tersebut memiliki legalitas penuh,” katanya.

Dukungan yang disediakan Pemkab Bintan untuk UBK Sebong Mandiri ini, sambungnya, dengan mengintruksikan beberapa dinas terkait untuk memenuhi kebutuhan UBK tersebut. Diantaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menguji kualitas serta menyediakan label Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM), Disperindagkop dan UKM Bintan akan mengeluarkan dan mematenkan label merek sabun serta izin perdagangan, dan Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BPMPD) akan mengeluarkan izin mendirikan lokasi usaha serta izin lainnya.

Lalu Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) akan melatih manajemen keuangan serta melobi keuangan dari Pemerintah Pusat untuk ketersediaan permodalan, dan pihak kecamatan serta desa akan menyediakan lokasi produksinya.

Terpisah, Ketua PKK Bintan, Deby Apri Sujadi mengatakan akan mensuport perniagaan sabun hasil produksi UBK Sebong Mandiri ini ke seluruh kawasan baik di Lagoi maupun ke seluruh kecamatan.

“Melalui ibu-ibu PKK yang ada di Bintan. Kita akan bantu promosikan sabun tersebut,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar