Ini Tempat Salat Gerhana di Batam

1006
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam mengajak masyarakat muslim untuk melakukan salat sunnah khusuf (gerhana matahari) pada Rabu, 9 Maret 2016. Di Batam dipusatkan di dua tempat, Masjid Raya Batam Centre, Masjid Raya Baiturrahman Sekupang, Masjid Nurul Islam Mukakuning, dan masjid-masjid besar lainnya.

“Kami mengimbau umat Muslim di Batam yang menyaksikan gerhana matahari, agar melaksanakan salat kusuf,” ujar Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kota Batam, Nabhan kepada koran Batam Pos (grup batampos.co.id), Senin (7/3/2016).

Kemenag Kota Batam sudah mengimbau dan mengirim surat edaran terkait pelaksanaan salat kusuf kepada semua Kantor Urusan Agama (KUA) di 12 Kecamatan se-Kota Batam untuk diteruskan ke tiap masjid yang ada di Kota Batam.

Pelaksanaan salat khusuf menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing, untuk di Kepri dimulai pukul 6.22 WIB sampai 8.33 WIB. Waktu pelaksanaan salat kusuf harus pas saat gerhana matahari tengah berlangsung.

“Tidak boleh sebelum atau sesudah gerhana matahari berlangsung,” jelas Nabhan. Walaupun salat ini hukumnya sunah, namun alangkah baiknya bila dikerjakan. “Peristiwa ini jarang terjadi,” ujar pria asal Lamongan ini.

Sementara itu, Masjid Raya Baiturrahman, Sekupang akan melaksanakan salat khusuf pada 9 Maret nanti mulai pukul 6.30 WIB.

Salat khusuf ini akan dihadiri tokoh agama dari Kecamatan Sekupang, KUA Sekupang, seluruh ormas Islam se-Kecamatan Sekupang dan majelis taklim perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Batam.

“Nantinya setelah salat kusuf dua rakaat akan dilanjutkan khotbah dari khatib Ustaz Abdul Somad, seorang pakar hadis dari Riau,” ungkap Nabhan.

Masjid Raya Batam juga akan melaksanakan salat kusuf pada 9 Maret nanti dan dimulai pukul 6.30 WIB. “Insha Allah,” ujar pengurus harian Masjid Raya Batam, Teten Nasrudin.

Bertindak sebagai imam dan khatib untuk pelaksanaan salat khusuf di Masjid Raya Batam adalah Muhammad Alwi Husein, salah satu imam Masjid Raya Batam. Teten juga mengimbau kepada masyarakat Batamkota untuk menghadiri dan melaksanakan salat sunah kusuf berjamaah di Masjid Raya Batam.

Sementara itu, Yayasan Nurul Islam Batamindo juga menghimbau kepada masyarakat Seibeduk dan sekitarnya untuk menghadiri salat sunnah khusuf di area Masjid Nurul Iman Batamindo, Rabu, (9/3/2016).

“Mengenai salat gerhana ini, kami sudah umumkan kepada jamaah salat Jumat lalu,” ujar remaja masjid Nurul Islam Batamindo, Ima.

Salat sunnah kusuf sendiri akan dimulai pada pukul 06.30 WIB hingga pukul 08.00 WIB, pelaksanaan salat kusuf sendiri dilakukan dua rakaat.

Ustad Ali Ma’sum akan menjadi khotib serta Abdul Ra’uf sebagai imam dalam salat tersebut.

“Meskipun sunnah, tapi alangkah bagusnya kita datang beramai-ramai,” imbaunya. (cr16)

Respon Anda?

komentar