Mei, Pilkades Serentak Diselenggarakan di Karimun

945
Pesona Indonesia
Bupati Karimun H Aunur Rafiq menyalami peserta sosialisasi Perbup. foto:tri haryono/batampos
Bupati Karimun H Aunur Rafiq menyalami peserta sosialisasi Perbup. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Pemilihan 29 kepala desa se-Kabupaten Karimun dijadwalkan dilaksanakan secara serentak Mei mendatang. Hal ini disampaikan Bupati Aunur Rafiq saat membuka kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) tentang pemilihan kepala desa se-Kabupaten Karimun, Senin (7/3), di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun.

“Melalui sosialisasi Perbup Nomor 33 tahun 2015 ini, agar pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai aturan yang dimulai dari persiapan, pencalonan, pemungutan dan penghitungan suara dan penetapan kades terpilih. Jadi para kades silakan, diskusi tentang tahapan Pilkades. Waktu tinggal kurang lebih 2 bulan lagi, semuanya harus dipersiapkan. Jangan ada permasalahan di kemudian hari nanti,” pesan Aunur Rafiq.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Karimun awal Mei mendatang, merupakan untuk kali pertamanya. Sehingga, harus dapat sebagai contoh bagi kabupaten/kota lainnya agar tidak menimbulkan gejolak dan perpecahan di tengah-tengah masyarakat.

Untuk semua pihak yang berkepentingan, lanjut Rafiq, supaya dapat berkoordinasi baik dengan Pemda Karimun, kecamatan maupun tim fasilitasi. ”Mari kita sukseskan pilkades serentak. Seperti pilkada sebelumnya, khususnya daerah yang akan melaksanakan pilkades semuanya harus siap,” ungkap Rafiq lagi.

Sementara Kepala Bagian Tata Pemerintahan Karimun Dwiyandri mengatakan, sosialisasi Perbup No. 33 tahun 2015 sangat diperlukan. Sebagai pedoman teknis dalam pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa yang sudah berakhir di tahun 2016 ini. Untuk tahun ini, ada 29 Desa yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar