Puncaknya Pukul 07:30, Warga Anambas Sambut Gerhana dengan Salat

413
Pesona Indonesia
Gerhana Matahari  Maret 6 berpotensi tertutup awan. Foto: istimewa
Gerhana Matahari Maret 6 berpotensi tertutup awan. Foto: istimewa

batampos.co.id – Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas menyambut gerhana matahari total (GMT) dengan salat gerhana secara berjamaah yang rencananya akan dilaksanakan di masjid Jamik Baiturrahim Tarempa pada Rabu sekitar pukul 07.00 WIB hingga selesai. Salat gerhana sebenarnya dilakukan dilapangan tapi karena khawatir akan turun hujan, maka akan dilaksanakan di masjid.

Salat gerhana ini bukan hanya dilakukan di Tarempa saja tapi di beberapa masjid yang ada di Kecamatan Palmatak juga diadakan salat gerhana. Saya kira salat gerhana ini dilaksanakan diseluruh kabupaten-kota se Indonesia,” ungkap salah seorang pegawai dari Kemenag Tarempa, Edi Bathara, Senin (7/3) siang.

Agar banyak yang datang ke masjid untuk salat gerhana, maka pihaknya sudah mengumumkan melalui spanduk yang dipasang didepan masjid Jamik Tarempa. Pihaknya juga telah mengumumkan hal ini pada Jumat (4/3) lalu, usai salat Jumat.

“Persiapannya, biasa-biasa yakni sekitar aturan pelaksanaan salat saja. Setelah salat gerhana dilanjutkan dengan khutbah. Dikantor Kemenag dan di sekolah-sekolah juga sudah dipasang spanduk berisi imbauan agar warga datang ke Masjid Jamik pada Rabu (9/3) sekitar pukul 07.00 WIB untuk melaksanakan salat gerhana,” ungkapnya.

Prakirawan BMKG Stasiun Metereologi Tarempa Fanny Setyawan, mengatakan, gerhana matahari dapat saksikan di Anambas, meski tidak dapat tertutup secara total, dikarenakan daerah Kepri bukan merupakan jalur lintasan gerhana matahari ini. Jalur gerhana matahari total di Indonesia membentang dari beberapa daerah di Pulau Sumatra seperti Palembang, Bangka, beberapa daerah di Sulawesi hingga Ternate.

Untuk gerhana matahari total ini 350 tahun sekali di tempat atau jalur lintasan yang sama. “Gerhana matahari di wilayah ini parsial bukan gerhana matahari total. Untuk di Tarempa, tertutupnya antara 80-90 persen, karena bukan merupakan lintasan gerhana matahari total,” ujarnya (7/3).

Gerhana matahari ini pun diperkirakan akan terlihat Rabu (9/3) sekitar pukul 06:20 hingga pukul 08:40 WIB. Puncak dari fenomena gerhana matahari di Anambas diperkirakan terjadi sekitar pukul 07:30 WIB. Kondisi cuaca pada saat gerhana diperkirakan cerah berawan. “Kalau mau mengamati disarankan antara pukul tujuh dan delapan pagi. Tertutupnya pun perlahan,” jelasnya.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar