20 Desa akan Laksanakan Pilkades Serentak, Tiap Desa Dapat Rp 25 Juta

820
Pesona Indonesia
Bupati Bintan Apri Sujadi. foto:jailani/batampos
Bupati Bintan Apri Sujadi. foto:jailani/batampos

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi menginginkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bintan bisa terlaksana dalam waktu dekat. Utamanya, kata Apri, sebelum bulan puasa Ramadan pertengahan tahun ini.

”Repot nanti kalau bareng dengan bulan puasa. Saya kira, lebih cepat lebih bagus,” ujar Apri, Selasa (8/3).

Segala rentang kendala yang mungkin saja bisa menunda, di mata Apri, sebaiknya disikapi secara bijak. Mana-mana birokrasi administratif yang bisa dipangkas, lebih baik dipangkas saja.

”Yang secara teknis bisa dipangkas, ya dilewati saja. Kalau bisa jangan mendekati bulan Mei. Bulan April juga bagus,” ucapnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Bintan, Muhammad Hendri menambahkan, segala teknis mengenai pelaksanaan Pilkades di Bintan sudah rampung. Sudah dilaksanakan pula rapat dengar pendapat bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan.

”Seluruh PJ Kades juga sudah dipanggil untuk memahami aturan Pilkades yang sesuai dengan Peraturan Menteri,” terang Hendri.

Untuk anggaran sudah disiapkan Rp 500 juta, sebagaimana yang diajukan dan sudah disepakati jajaran anggota legislatif. Di antara desa yang bakal memilih langsung pemimpinnya itu adalah Desa Lancang Kuning Kecamatan Bintan Utara, Desa Selat Bintan dan Teluk Bakau Kecamatan Teluk Bintan, Desa Toapaya Utara Kecamatan Toapaya, Desa Sri Bintan, Ekang Anculai dan Pengudang Kecamatan Teluk Sebong, Desa Mantang Baru Kecamatan Mantang, Desa Air Glubi dan Numbing Kecamatan Bintan Pesisir, dan Desa Kampung Hilir Kecamatan Tambelan, dan beberapa desa lain.

Sebelumnya, PJ Kepala Desa Bintan Buyu, Abdullah menyatakan warganya sudah sering menanyakan perihal pemilihan kepala desa definitif. Karena sebenarnya agenda ini harusnya sudah dilaksanakan tahun 2015 silam.

“Masyarakat sudah banyak yang bertanya kejelasannya. Mereka juga menginginkan agar bisa terlaksana dalam waktu dekat,” ucapnya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar