Diramaikan Dangdutan, 7.475 Balita Diimunisasi Polio di Natuna

504
Pesona Indonesia
Petugas kesehatan memberikan imunisasi ke balita saat pekan imunisasi polio di Posyandu Meranti, Selasa (8/3). foto:aulia rahman/batampos
Petugas kesehatan memberikan imunisasi ke balita saat pekan imunisasi polio di Posyandu Meranti, Selasa (8/3). foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Pekan imunisasi polio yang dilaksanakan serentak, mendapat sambutan antusias masyarakat Natuna. Ratusan masyarakat antre mengikuti Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Posyandu Meranti, Selasa (8/3).

Dalam pekan imunisasi tersebut secara simbolis Sekertaris Daerah (Sekda) Pemkab Natuna Syamsurizon, meneteskan imunisasi ke balita didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Natuna Syamsu Rizal. Pencanangan pekan imunisasi di Posyandu Meranti di Kampung Batu Hitam ini juga diramaikan acara dangdutan.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Natuna Syamsu Rizal, mengatakan pekan imunisasi dilaksanakan serentak di 13 puskesmas di 12 kecamatan. Serta dilayani disetiap posyandu, Puskesmas Pembantu (Pustu), Pondok Bersalin Desa (Polindes), rumah sakit, bandara, sampai pelabuhan.

Syamsu Rizal mengklaim, Natuna sudah terbebas dari penyakit polio sejak terbentuk Kabupaten Natuna 2000 silam. Adanya ditemukan ciri-ciri penderita polio, namun bukan disebabkan virus polio atau bukan penyakit polio.

”Sejak dibentuk kabupaten, Natuna sudah terbebas dari polio. Pemberian vaksin tahun ini, untuk meningkatkan kekebalan terhadap anak, yang dikawatirkan masuknya virus polio dari negara tetangga,” ungkap Syamsu Rizal.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Hikmat Aliansyah, menambahkan, sasaran pemberian imunisasi polio kepada 7.475 balita. Sasaran imunisasi juga dilaksanakan di pelabuhan penumpang untuk antisipasi masuknya virus polio.

”Targetnya 90 persen vaksin berhasil diberikan kepada balita. Pemberian vaksin terutama dilakukan jika masih ada anak yang belum diimunisasi,” kata Hikmat. (arn/bpos)

Respon Anda?

komentar