Pagi Ini, Salat Gerhana Dipusatkan di Kijang

407
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakil Bupati (Wabup) Bintan, Dalmasri Syam, Hari ini, Rabu (9/3) akan melaksanakan Salat Gerhana berjamaah dengan seluruh masyarakat Bintan. Bupati akan salat berjamaah dengan masayarakat di bagian timur Bintan yang dipusatkan di Masjid Nurul Iman, Kijang, Kecamatan Bintan Timur. Sedangkan Wabup Bintan akan salat berjamaah dengan masyarakat di bagian utara Bintan yang dipusatkan di Masjid Baitul Makmur, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

Salat Gerhana di Kijang ini, untuk imamnya dihadiri H. Arusman Yusuf sedangkan Khatib Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Bintan, H. Erizal Abdullah. Sedangkan untuk di Tanjunguban, imamnya Ustad. H. Yaser Arafat dan Khatibnya H. Isa Anshori. Agar lebih berkesan, seluruh siswa di Bintan bakal turut diajak ikut menyambut gerhana dengan mengikuti salat sunnah yang dilaksanakan di dua tempat oleh pemerintah daerah.

“Karena ini bertepatan dengan hari libur, jadi kami juga meneruskan undangan hingga ke sekolah-sekolah,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, Selasa (8/3).

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Bintan, Erizal Abdullah menerangkan, salat sunnah gerhana berbeda dengan salat biasa. “Pertama tidak pakai azan. Kemudian didirikan dua rakaat tapi empat kali rukuk,” terang Erizal.

Karena empat kali rukuk pertanda dua kali rukuk di setiap rakaat. ”Usai baca Alfatihah dan ayat Alquran rukuk dulu, setelah itu bangun dan baca Alfatihah dan ayat lagi,” beber Erizal. Karena itu pula sesaat sebelum salat, akan ada penjelasan tata caranya kepada jamaah yang telah hadir. (muf/ary)

Respon Anda?

komentar