Pesona GMT Mampir di Google Doodle dan Instagram

315
Pesona Indonesia
Tampilan mesin pencari goggle saat gerhana terjadi, rabu (9/3/2016).
Tampilan mesin pencari goggle saat gerhana terjadi, rabu (9/3/2016).

batampos.co.id – Kementeria Pariwisata (Kemenpar) melihat Gerhana Matahari Total (GMT) adalah momen sejuta makna. Momen mendulang devisa dan promosi gratis, bahkan sampai berkibar jadi trending topic worldwide di twitter, google doodle, dan instagram.

Ya, Google ikut merayakan momen gerhana Matahari dengan memasang doodle bertema fenomena alam tersebut pada logonya. Pengguna Google yang mengunjungi halaman pencarian hari ini, Rabu (9/3/2016), akan menemukan logo Google dengan gambar Bumi menggantikan salah satu huruf ‘O’.

Doodle tersebut menampilkan animasi menarik mengenai fenomena gerhana matahari. Bulan sedang mengitari Bumi, dan di satu titik berhenti sehingga menghalangi Bumi dari sinar Matahari.

Ketika diklik, seperti biasanya, doodle akan mengarahkan pengguna ke berbagai update mengenai peristiwa gerhana Matahari, baik berupa berita, artikel, foto-foto maupun video.

“Terima kasih Google, turut mempromosikan Wonderful Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya yang memang sudah kenal baik dengan Serge Brit, pendiri situs terbesar di dunia itu.

Media sosial yang berisi gambar-gambar, Instagram juga tak mau ketinggalan. Hingga Rabu sore, netizen terus berlomba memberikan update melalui akun media sosial mereka. Unggahan foto dan video menit ke menit GMT membanjiri linimasa instagram. Menggulir ke bawah, para Instagramer berlomba-lomba menyuguhkan foto terbaik untuk para pengikut masing-masing.

Tengok saja sejumlah tanda pagar (tagar) terkait GMT. Tagar #gerhanamatahari, #GMT2016, #gerhanamataharitotal, dan #gmt menyajikan banyak foto-foto GMT.

Dari masyarakat biasa hingga artis, semua kompak menyajikan keindahan penampakan GMT di langit Indonesia. Dian Sastrowardoyo misalnya. ikon kebangkitan film nasional itu ikut mengunggah foto gerhana matahari pada fase setengah tertutup lewat akun Instagram personalnya, @therealdisastr. Hasilnya menyerupai bulan sabit.

“Gerhana matahari setengah melalui pin hole buatan saya,” begitu keterangan foto Dian Sastro.

Pevita Pierce juga tak mau kalah. Melalui akun Instagramnya, Pevita mengunggah video gerhana matahari total yang ia saksikan secara langsung di Pantai Tanjung Kelayang, Sijuk, Belitung. Dia bahkan tak ragu mempromosikan #wonderfulindonesia dan #pesona Indonesia.

“Total solar eclipse. #WonderfullIndonesia #PesonaIndonesia These is no dark side of the moon really, matter of its all dark,” tulis Pevita dalam keterangan video tersebut.

Presenter Daniel Mananta juga ikut bergaya di instagram. Dalam postingannya di akun Instagram @vjdaniel, Daniel tidak menggunakan kacamata gerhana. Suami dari Viola Maria itu memakai lima kacamata hitam sekaligus. “Berkacamata lima lapis, nonton gerhana,” tulis Daniel di akun Instagramnya.

Pria berusia 34 tahun itu tampak santai saat melihat gerhana matahari, hanya dengan mengenakan kaos warna abu-abu dan celana pendek. Daniel tampak melihat gerhana dari balkon sebuah gedung tinggi. Sambil duduk, kepalanya tampak menengadah ke arah langit.

“Ini namanya digital marketing. Cari apa yang strategis, yang bisa undang turis datang banyak. Kemudian kita dorong mereka untuk mempromosikan wisata Indonesia lewat dunia maya,” papar Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Rabu (9/3/2016).

Saat ini, potensi digital marketing sangat besar. Di kawasan Asia-Pasifik saja, ada sekitar 300 juta orang mencari destinasi wisata melalui internet. Karenanya, media digital menjadi tumpuan Kemenpar untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Konsepnya, e-Tourism.

E-tourism menjadi konsep baru yang terus didengungkan Menpar Arief Yahya sebagai salah satu wujud dari digitalisasi promosi pemasaran dan pengembangan pariwisata agar berkinerja dua kali lipat. Misinya, mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (Wisman) pada tahun 2016. (inf)

Respon Anda?

komentar