Sehari Beraksi di Tiga Tempat, Tiga Resedivis Dibekuk Polisi

768
Pesona Indonesia
Tiga residivis (tak pakai baju) usai dibekuk polisi diamankan di Mapolres Lingga, Senin (7/3) malam. foto:wijaya satria/batampos
Tiga residivis (tak pakai baju) usai dibekuk polisi diamankan di Mapolres Lingga, Senin (7/3) malam. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Setelah lama menjadi target polisi, tiga residivis atau penjahat kambuhan, masing-masing Syafriadi alias Rizal, 34, Yahya, 34, dan Usmar alias Boop, 30, berakhir di jeruji besi Mapolres Lingga setelah dibekuk tim gabungan dari Satreskrim Polres Lingga, Polsek Dabo Singkep, dan Polsek Singkep Barat di Bukit Abun, Dabo Lama, Senin (7/3).

Ketiga residivis ini kerap beraksi melakukan pencurian dengan pemberatan (Curat) di sejumlah tempat dan sudah meresahkan masyarakat. Tak tanggung-tanggung pelaku melancarkan aksinya dalam satu hari di tiga tempat yang berbeda. Terakhir aksi para tersangka ini merampok SMP 1 Singkep Barat dan membobol rumah kosong serta beberapa warung. Termasuk membobol salah satu kios penjual pulsa di Setajam, Dabo Singkep saat perayaan Imlek.

Kaur Binops Reskrim Polres Lingga Ipda Anjar Ahmad Putra, mengatakan ketiga tersangka terkenal licin, sehingga tim gabungan selalu memantauan salah satu tersangka yakni Syafriadi sejak Sabtu (5/3). Setelah mendapat posisi pasti, akhirnya polisi menangkap Syafriadi di rumahnya di Bukit Abun, Dabo lama, Senin, sekitar pukul 22.30 WIB.

”Setelah menangkap Syafriadi, kami lakukan pengembangan dan akhirnya tersangka mengaku beraksi bersama Yahya dan Usmar,” kata Anjar di Mapolres Lingga, Selasa (8/3) pagi.

Selanjutnya, sambung Anjar, tim bergerak mengamankan kedua tersangka lainnya, Yahya warga Bukit Abun dan Usmar warga Dusun Pengambil, Desa Sungai Harapan Kecamatan Singkep Barat. Bersama ketiga tersangka, polisi juga menyita sejumlah barang bukti hasil kejahatan dan sejumlah barang yang digunakan untuk melancarkan aksi mereka.

Barang bukti yang diamankan, satu unit sepeda motor merek Tiger BP 4142 LA, satu unit Blackberry Curve tipe 9300 hitam, satu unit HP Nokia warna hitam kombinasi putih model 107 RM-961, satu pucuk sejata tajam berupa keris warna emas, satu perhiasan jenis gelang berbahan giok warna hijau, dan satu linggis kecil merah.

”Seluruh barang bukti yang kami sita hasil dari penggeledahan di rumah tersangka,” ujar Anjar.

Dikatakan Anjar, ke tiga tersangka akan dikenakan pasal 363 ayat 5 tetang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar