3.890 Bayi dan Anak Balita Mendapat Imunisasi di Anambas

392
Pesona Indonesia
Pekan Imunisasi Nasional diselenggarakan 8-15 Maret.
Pekan Imunisasi Nasional diselenggarakan 8-15 Maret.

batampos.co.id – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, membuka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas Rabu (9/3) pagi. Setidaknya pada acara tersebut sebanyak 3.890 bayi dan anak balita di Kabupaten Kepulauan Anambas yang mengikuti PIN. Kecamatan Palmatak menjadi yang paling banyak balita yang akan di Imunisasi yakni 1.198 orang, sedangkan Kecamatan Jemaja Timur menjadi yang paling sedikit yakni 180 bayi dan balita.

“PIN dilaksanakan untuk tercapai eradiksi Polio di Indonesia, khususnya Anambas pada akhir tahun 2020. Kegiatan ini untuk memastikan tingkat imunitas terhadap polio di populasi cukup tinggi dengan cakupan kurang 95 persen,” kata Haris Selasa (8/3)

Usai membuka PIN serta meneteskan vaksin kepada 6 bayi yang hadir saat pembukaan Haris langsung berkeliling di ke Posyandu-Posyandu di Kota Tarempa.

Haris berharap agar balita yang ada di Anambas dapat vaksinasi polio semuanya. Oleh karena itu, dirinya menghimbau mulai dari camat, Kades sampai RT agar memantau dan memastikan bayi dan balita untuk ikut PIN. “Saya tugaskan Camat hingga RT untuk pantau,” jelasnya.

Di Anambas sendiri diketahui ada 70 Pos PIN yang melibatkan 670 Kader Posyandu, 140 orang tenaga kesehatan Puskesmas, Postu, Polindes diseluruh Wilayah Anambas. Pin itu untuk memberikan perlindungan optimal dan merata pada kelompok 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio.

“Ini juga persiapan perubahan pemberian vaksinasi polio dari tetesan menjadi suntikan pada bulan juli 2016 mendatang, Perubahan tersebut sangat menentukan sosialisasi yang luas pada masyarakat dan untuk petugas akan dilaksanakan pada bulan april 2016,” jelasnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar