Gerhana Matahari Total, Karimun Gelap Selama 90 Detik

462
Pesona Indonesia
Warga menyaksikan gerhana matahari di Coastal Area Karimun. Selama 90 detik Karimun gelap saat puncak gerhana matahari. foto:tri haryono/batampos
Warga menyaksikan gerhana matahari di Coastal Area Karimun. Selama 90 detik Karimun gelap saat puncak gerhana matahari. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Kabupaten Karimun sejatinya memang tidak masuk dalam wilayah lintasan Gerhana Matahari Total (GMT), Rabu (9/3) kemarin. Meski begitu, warga Bumi Berazam begitu antusias menyaksikan fenomena alam yang terjadi dalam kurun waktu 350 tahun dengan berbondong-bondong mendatangi kawasan Coastal Area Tanjungbalai Karimun.

Berbagai peralatan dipergunakan masyarakat untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total yang terjadi sekira pukul 07.00 WIB di tepi laut yang menjadi pemandangan berbeda. Ada yang menggunakan, kacamata khusus, kepingan kaca yang biasa dipakai oleh tukang las, hingga lembaran film yang biasa digunakan untuk medis dalam meronsen pasien.

“Sungguh takjub menyaksikan kebesaran sang pencipta alam ini. Walaupun tertutup awan hitam, tapi proses pertemuan antara matahari dan bulan cukup menarik disaksikan,” kata Santi, salah seorang pengunjung di Coastal Area.

Lain halnya dengan Rusdianto. Selain untuk berolahraga pagi, Rusdianto dan kawan-kawan memang meniatkan datang ke Coastal Area untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total. Alat yang dibawapun cukup sederhana, yakni hasil foto rontgen.

”Pakai hasil rontgen ajalah. Kebetulan hari ini libur hari besar, bisa bawa anak-anak jalan-jalan di Coastal Area,” kata Rusdi.

Pantauan di lapangan, proses gerhana matahari tersebut memakan waktu sekitar sembilan puluh detik. Diawali pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB, matahari bersinar menyinari bumi berazam. Namun, selang 20 menit terjadi perubahan yaitu matahari diselimuti awan hitam dengan suasana seperti menjelang malam. Sedangan di setiap masjid maupun musala, umat muslim melakukan salat gerhana secara berjamaah. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar