Kemenpar Berhasil! GMT 2016 Trending Topic Dunia

675
Pesona Indonesia
Gerhana Matahari juga dapat dilihat di Batam, meskihanya sebagian, namun tetap menarik. Foto: rezza/batampos
Gerhana Matahari juga dapat dilihat di Batam, meskihanya sebagian, namun tetap menarik. Foto: rezza/batampos

batampos.co.id -Gerhana Matahari Total (GMT) yang melalui 12 Provinsi di Indonesia mendadak membuat nama Indonesia mendunia. Selama GMT berlangsung, netizen asal Jepang, negara-negara Eropa, hingga belahan benua Afrika tak henti-hentinya bercuit di Twitter.

Semua itu tanpa diminta, tanpa direka-reka, kompak mempromosikan Indonesia lewat hashtag. #GMT2016. Hingga Kamis siang (9/3/2016), #GMT2016 menempati posisi pertama dalam daftar trending topic Twitter sedunia.

“Itulah dahsyatnya media sosial. Yang membuat seluruh dunia memperbincangkan Wonderful ‘Total Solar Eclipse’ Indonesia. Itu adalah kekuatan kreativitas,” ujar Arief Yahya, Menteeri Pariwisata (Menpar) saat menyambut tim Ekspedisi Maritim Kemenko Maritim di Tanjung Kelayang, Belitung,  setelah 1.160 penumpang dari Jakarta berlayar 10 jam itu.

Arief Yahya menyebut 3A untuk membangun destinasi. Akses, amenitas dan atraksi. “Nah, yang dibutuhkan adalah kreasi, seperti halnya mempromosikan destinasi waktu di GMT ini. Orang mengejar ke Indonesia hanya untuk 2-3 menit GMT saja,” jelasnya.

GMT alias Gerhana Matahari Total memang sebagian besar melewati kawasan Indonesia, mulai dari bagian barat, tengah hingga timur. Fenomena alam yang langka ini memancing perhatian dunia, dari turis hingga peneliti.

Momentum gerhana matahari total itu kemudian diabadikan dalam video dan foto-foto yang membanjiri laman sosial media Twitter.

Di Indonesia, pergunjingan soal GMT juga tak kalah serunya. Dalam daftar sepuluh topik, #GMT2016 ada di posisi nomor satu. Sementara #GMTTernate ada di posisi empat trending topic nasional.

“It’s holiday. Many people saw GerhanaSunTotal.Of course,Jepara with GerhanaSun.#GMT2016,” cuit pemilik akun @Rizal_GM014.

“Allhamdulillah bisa melihat gerhana matahari total 🙂 #GMT2016,” sahut pemilik akun @DDhedot.

“Terimakasih matahari, bulan dan bumi atas fenomenanya. Kami terhibur. Tetap semangat yah.. 🙂 #GMT2016,” timpal @NandaGoeltom.

Kementerian Pariwisata pun langsung happy. Promosi pariwisata ternyata  dibantu jutaan netizen dari seluruh dunia. Sekedar info, kumandang #GMT2016 tadi adalah real. Bukan digerakkan mesin.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Dadang Rizky juga terperanjat melihat respons di lapangan yang sangat kuat. Sekitar 50 ribu orang memadati Pantai Tanjung Kelayang Belitung sejak 05.00 wib.

“Tetapi orang di dunia maya juga menikmati keindahan panorama Indonesia di balik GMT,” kata Dadang. “Ini promosi gratis dan sangat efektif. Sekarang dunia jadi makin tahu tentang keindahan Palangkaraya, Belitung, Ternate, Palu, Sumbar, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Kalbar, Kalsel, Kaltim, Sulbar dan Maluku Utara,” terang Deputi Pengembangan Pasar Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, Kamis (9/3/2016). (inf)

Respon Anda?

komentar