Masyarakat Tanjungpinang Padati Lapangan Laksanakan Salat Gerhana Matahari

543
Pesona Indonesia
Masyarakat Tanjungpinang melaksanakan salat Gerhana Matahari berjamaah di Lapangan Pamedan. foto:faradilla/batampos
Masyarakat Tanjungpinang melaksanakan salat Gerhana Matahari berjamaah di Lapangan Pamedan. foto:faradilla/batampos

batampos.co.id – Masyarakat Muslim Kota Tanjungpinang melaksanakan salat gerhana matahari atau khusuf di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Rabu (9/3). Pelaksanaan salat dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.

Masyarakat Kota Tanjungpinang terlihat antusias melaksanakan salat yang sama langkanya dengan peristiwa gerhana tersebut. Itu dilihat dari ramainya masyarakat yang datang untuk salat. Sehingga suasana di Lapangan Pamedan Ahmad Yani hari itu seperti suasana saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri.

“Suasananya seperti hari raya karena ramainya masyarakat yang hadir untuk salat,” ujar Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul usai salat khusuf di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Rabu (9/3).

Tingginya antusias masyarakat dalam melaksanakan salat gerhana matahari ini diartikan Syahrul sebagai bentuk kesadaran beragama yang baik. Meskipun Tanjungpinang tidak masuk dalam jalur Gerhana Matahari Total (GMT), atau hanya parsial. Tapi himbauan dari Kementarian Agama RI untuk melakukan salat gerhana terus disosialisasikan. “Alhamdulillah masyarakat datang,” ujarnya.

Menurut Syahrul, ada hikmah yang terkandung dalam peristiwa GMT, yaitu hikmah untuk terus bersyukur. Sebab, peristiwa gerhana tidak bisa dinikmati setiap waktu. “Gerhana ini bisa dikatakan peristiwa langka,” ujarnya.

Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang, Muhammad Nasir menambahkan, dengan dilaksanakannya salat khusuf ini, diharapkan supaya umat Islam kembali kepada pertaubatan dan introspeksi diri. “Ini ajang yang baik, sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah,” ujarnya.

Tidak hanya di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, kata Nasir pelaksanaan salat khusuf juga dilakukan di beberapa masjid besar yang ada di Kota Tanjungpinang. “Ini datang dari Allah, dan harus bersyukur,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan salat khusuf di Lapangan Ahmad Yani dengan khatib Prihatmi Eko Diantoro, Ansyari Daulay Alhafidz sebagai imam salat, dan bilalnya Moh. Zikriyansah tersebut ramai diikuti oleh masyarakat. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar