Tahun 2018, PLN Ranai Operasikan PLTMG

710
Pesona Indonesia
Kantor PLN Ranai. Tahun 2018 PLN mulai mengoperasikan PLTMG. foto:aulia/batampos
Kantor PLN Ranai. Tahun 2018 PLN mulai mengoperasikan PLTMG. foto:aulia/batampos

batampos.co.id – Manajer PLN Rayon Ranai Fauzar menyatakan, mulai tahun 2018 PLN Ranai akan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) 10 mega watt.

Dikatakan Fauzar, pembangunan PLTMG di Natuna merupakan perencanaan PLN pusat dengan menggandeng perusahaan swasta. Sebelumnya sudah melakukan survei awal penentuan lokasi.

“Sudah survei awal penetuan lokasi. Ada beberapa titik, tetapi paling memenuhi syarat, lokasinya di kawasan Batu Kapal jalan DKW Mohd Benteng Ranai,” kata Fauzar, Rabu (9/3).

Menurut Fauzar, lokasi pembangkit gas ini tidak bisa jauh dari pusat pembakit PLN, maksimal 10 kilometer. Karena PLTMG tetap menggunakan sistem jaringan PLN.

Dijelaskan Fauzar, pembangunan PLTMG murni dibangun perusahaan swasta. Dan menggunakan sistem jual beli daya (KWH,red). Tentu PLN melibatkan perusahaan gas negara, pemerintah provinsi dan kabupaten untuk koordinasi suplai gas.

Dalam perencanaanya, sambung Fauzar, pada tahun 2018 mendatang PLTMG sudah beroperasi, alias sudah masuk sistem jaringan PLN.

Pengalihan penggunaan PLTMG sendiri, upaya mengurangi subsidi BBM pemerintah, dengan menggunakan bahan bakar gas, biayanya lebih murah.

“Tentu pengalihan dari diesel ke PLTMG, lebih low cost, bisa kurangi subsidi pemerintah,” kata Fauzar.

Jika dibutuhkan sumber daya listrik yang besar di kawasan industri perikanan, kata Fauzar, PLN akan melakukan pengembangan jaringan.

“Memang ada saran, tapi PLTMG dibangun di Selat Lampa, lokasinya terlalu jauh dari pusat sistem pembangkit,” ujar Fauzar.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar