60 Persen Perceraian Istri yang Gugat Suami

355
Pesona Indonesia
Kepala Kantor Kemenag Wilayah Kepri, Marwin Jamal. foto:ist
Kepala Kantor Kemenag Wilayah Kepri, Marwin Jamal. foto:ist

batampos.co.id – Kementerian Agama Wilayah Kepri melansir data resmi, bahwasanya setiap bulan terjadi 35 sidang perceraian di pengadilan agama. Bila dikalkulasikan dalam setahun, tak kurang dari 420 perkara perpisahan antara suami dan istri yang diurus di meja hijau. Tak pelak, angka ini mendapat perhatian serius dari jajaran Kemenag Kepri.

“Bagaimana tidak, 60 persen dari seluruh perceraian, istri yang menggugat suaminya,” kata Kepala Kantor Kemenag Wilayah Kepri, Marwin Jamal, Kamis (10/3).

Tak berkeinginan angka ini terus bertambah sepanjang tahun, Kemenag Kepri, kata Marwin, mulai mengupayakan tindakan serius. Di antaranya adalah memperkuat peran para konselor pernikahan. Marwin menilai, konselor yang berada di bawah naungan Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4). Tak tanggung-tanggung, kegiatan bimbingan kursus pra nikah bagi konselor ini dilangsungkan selama tiga hari ke depan.

Pada pelatihan anggota BP4 yang berlangsung di Aula SMKN 2 Tanjungpinang ini, diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari kabupaten/kota se-Kepri. Dengan rincian dari Batam 8 orang, Tanjungpinang 4 orang, Bintan 6 orang, Karimun 5 orang, Lingga 5 orang, Natuna dan Anambas masing-masing 1 orang. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar