Bintan Siap Pertahankan Adipura, Sebar 300 Pot Bunga dan 150 Tong Sampah

444
Pesona Indonesia
Piala Adipura yang diraih Bintan tahun lalu. Tahun ini Bintan berusaha mempertahakan piala adipura. foto:ist
Piala Adipura yang diraih Bintan tahun lalu. Tahun ini Bintan berusaha mempertahakan piala adipura. foto:ist

batampos.co.id – Jajaran Pemerintah Kabupaten Bintan sudah seiya sekata bertekad mempertahakan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup yang diraihnya tahun 2015 kemarin. Penghargaan di bidang lingkungan ini merupakan kali pertama diperoleh Bintan dan ingin kembali diulang. Sebab itu, sejumlah persiapan mempertahankan Piala Adipura sudah ditaja. Mulai dari pembahasan di tingkat kecamatan sampai ke lapisan paling bawah. Bahkan sudah berulang kali Bupati dan Wakil Bupati Bintan meninjau langsung kesiapan di lapangan.

Awal pekan lalu, pembahasan bersama kembali dilakukan. Wakil Bupati Dalmasri Syam memimpin langsung rapat di Kantor Camat Bintan Timur. Dalam pertemuan tersebut, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Bintan bakal menyebar 300 pot bunga dan 150 tong sampah di sejumlah wilayah. “Ini agar taman-taman di Bintan terlihat lebih molek lagi,” kata Dalmasri.

Tak lupa dalam waktu dekat, Dalmasri mengintruksikan agar dinas-dinas terkait semisal Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Kebersihan, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan turut meninjau sekaligus mengawasi kebersian di lokasi-lokasi yang bakal dinilai. Semisal pasar, pelabuhan, rumah sakit, jalan raya, dan sekolah. “Semuanya harus bersinergi untuk mempertahankan Adipura ini,” tegas Dalmasri.

Kepada seluruh camat dan lurah, Dalmasri menegaskan, mereka punya peran yang besar dalam kerja-kerja Adipura ini. Terlebih agar terus menggiatkan gotong-royong dan menjaga kebersihan bersama. “Mereka ujung tombak kami agar masyarakat bisa lebih sadar kebersihan,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, Dalmasri mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bintan juga bakal menggelar gotong-royong bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna menyambut penilaian Adipura oleh tim pusat yang sudah dalam hitungan hari ke depan.

Sementara itu, Kepala BLH Bintan, Panca Azdigoena menjelaskan, keberhasilan Bintan mendapatkan piala Adipura tahun lalu merupakan bentuk apresiasi atas upaya perbaikan serta evaluasi yang terus dilakukan. Penilaian dalam Adipura tahun ini bertambah menjadi 3 tahapan yang dilaksanakan secara bertahap.

“Tahapan mekanisme penilaian Adipura tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dari Pantau I dan Pantau II ada penilaian tambahan yaitu verifikasi daripada Pantau I dan II oleh tim independen dari Kementrian,” pungkasnya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar