Bulan Depan Pemilihan Langsung Rektor UMRAH

624
Pesona Indonesia
Winata Wir
Winata Wira

batampos.co.id – Setelah sembilan tahun berdiri, untuk kali perdana Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang bakal melangsungkan pemilihan langsung rektornya. Sesuai jadwal yang telah diagendakan, pemungutan suara bakal berlangsung 13 April mendatang. Masih ada waktu sebulan bagi panitia untuk merampungkan kesiapannya.

“Agendanya bulan depan. Masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui dulu,” terang Ketua Panitia Pemilihan Rektor UMRAH Periode 2016-2020, Winata Wira, Kamis (10/3).

Di antara sekian tahapan penting itu adalah pendaftaran atau penerimaan berkas calon rektor. Wira menjelaskan, tahapan ini bakal dilangsungkan selama tiga pekan atau dari 7-21 Maret mendatang. Selama masa itu pula panitia bakal menerima berkas bakal calon rektor sebelum kemudian diverifikasi.

“Sudah tiga hari pendaftaran dibuka, tapi belum ada satupun bakal calon rektor yang mengantarkan berkas pendaftarannya. Mungkin bakal calon masih mempersiapkan berkasnya sebaik mungkin,” ungkap Wira.

Usai tahapan verifikasi, baru nama-nama calon rektor ditetapkan. Untuk kemudian, sambung Wira, bakal diserahkan ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Setelah sebelumnya juga dilkukan proses pemungutan suara tahap penyaringan.

Setelah berkas berisikan nama-nama calon Rektor UMRAH Tanjungpinang itu berada di meja menteri, tahapan selanjutnya adalah tahapan final berupa proses pemungutan suara. Sesuai jadwalnya, tahapan akhir itu akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2016 mendatang secara tertutup.

Ada pun para pemilihnya terdiri dari 19 orang anggota senat dan perwakilan Menteri. Wira menjelaskan, sebanyak 65 persen hak suara berada di tangan Senat. Sementara 35 persen sisanya berada di tingkat kementerian. Sehingga, peraih suara terbanyak di tingkat senat belum tentu menjadi rektor terpilih. Karena mesti terlebih dahulu dikalkulasi dengan perhitungan 35 persen suara di tingkat kementeran.

“Aturannya memang seperti itu. Kami merujuk Pasal 7 huruf (e) Permenristek Dikti Nomor 1 Tahun 2015,” ungkap Wira.

Wira berharap melalui suksesi Rektor UMRAH periode 2016-2020 ini, perguruan tinggi negeri ini dapat terus memantapkan usaha mengembangkan institusinya. “Sesuai visi UMRAH sebagai Universitas Terkemuka di Indonesia berbasis Kemaritiman,” pungkasnya. (muf)

Respon Anda?

komentar