DPRD Tinjau Persiapan MTQ Natuna, Baru Siap 70 Persen

917
Pesona Indonesia
Masjid Agung Natuna pada malam hari. Tahun ini Natuna kembali menggelar MTQ VIII di Bunguran Utara. foto:net
Masjid Agung Natuna pada malam hari. Tahun ini Natuna kembali menggelar MTQ VIII di Bunguran Utara. foto:net

batampos.co.id – Ketua Komisi I DPRD Natuna, Raja Marzuni meninjau persiapan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII di Desa Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara, Kamis (10/3).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Raja Marzuni, didampingi Wakil Ketua II DPRD Natuna Daeng Amhar dan Kabag Kesra Ismail Sitam. Banyak persiapan perlu dikebut pemerintah daerah untuk menyelenggarakan MTQ tahun ini.

Menurut Marzuni, secara umum persiapan baru sekitar 70 persen. Baik lokasi pelaksanaan MTQ hingga sarana-sarana pendukung. Misalnya air bersih maupun bangunan astaka.

“Bangunan astakanya kurang memadai, pemerintah kecamatan mengusulkan agar panggung utama di perlebar lagi dan podium untuk Bupati nanti,” kata Marzuni.

Tidak hanya itu, akses masuk ke lokasi astaka juga belum disemenisasi. Sehingga dikawatirkan jika hujan akan mengganggu suasana.

“Komisi akan berkoordinasi dengan Dinas PU, supaya persiapan MTQ lebih dipercepat,” ujar Marzuni.

Marzuni juga meninjau pembangunan bendungan Kelarik yang masih dikerjakan. Untuk mendapatkan pasokan air bersih untuk kafilah dan lainnya selama pelaksanaan MTQ.

“Sepertinya air bisa disuplai dari bendungan dengan mobil tanki air. Kebetulan sekarang, rumah-rumah yang disiapkan untuk kafilah kekeringan air,” kata Marzuni yang sempat meninjau calon rumah tinggal kafilah selama MTQ.

Kabag Kesra pemkab Natuna Ismail Sitam mengatakan, hasil rapat pemerjntah daerah, pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten akan dilaksanakan mulai tanggal 25 April mendatang, dipusatkan di Desa Kelarik, yang diikuti 12 Kecamatan.

Dikatakan Marzuni, selayaknya pelaksanaan MTQ dilaksanakan bulan Maret, sehingga masih terdapat waktu melakukan persiapan peserta seleksi mengikuti MTQ ditingkat Provinsi.

“MTQ sudah ditunda tahun 2015 lalu, seharusnya dilaksanakan bulan ini. Supaya masih diberikan persiapan kepada peserta,” ujar Marzuni.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar