Gedung Sekolah Belum Dilunasi, Murid Terpaksa Belajar di Rumah Dinas Guru

542
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Sejumlah murid Sekolah Dasar Negeri 001 Desa Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur, Anambas, terpaksa belajar di rumah dinas guru yang tidak ditempati. Karena ruangannya sempit, maka murid harus berdesak-desakan.

Para murid terpaksa belajar di rumah dinas guru karena pembangunan sekolah tersebut terhenti. Sementara bangunan yang sudah tersedia tidak bisa juga digunakan karena pemerintah belum melunasinya. Dari informasi yang dihimpun, penyebabnya anggarannya tidak cair.

Salah seorang wali murid, Arman, warga Desa Nyamuk, mengeluhkan terkait kondisi ini. Ia mengaku sebelumnya warga sudah pernah menyampaikan ke pihak sekolah. Namun belum ada tanggapan sehingga saat ini murid masih belajar di perumahan guru.

“Kalau memang anggaran tidak ada, lebih baik jangan dibangun dulu,” kata Arman, Kamis (10/03).

Sementara itu, Kepala SDN 001 Ida Rohani membenarkan bahwasanya sejumlah murid SDN 001 kini belajar di rumah dinas guru, sebab pembangunan sekolah belum selesai secara keseluruhan. Untuk sementara waktu pembangunan sekolah dihentikan sebab anggarannya tidak dicairkan.

Dirinya juga mengaku sudah menyampaikan kepada dinas pendidikan tentang hal tersebut. “Mudah-mudahan tahun depan anggaran untuk lanjutan pembangunan sekolah dapat dianggarkan kembali,” ungkapnya.

Alasan belum digunakannya bangunan sekolah tersebut sebab pembayaran kepada pihak pelaksana kegiatan belum selesai. “Bukan tidak mau kami gunakan ruang kelas yang sudah selesai, tapi pembangunan sekolah itu belum bayar,” jelasnya.

Kata Ida, kini pihak sekolah hanya dapat memberi solusi agar murid-murid tetap bisa menjalankan proses belajarnya. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan rumah dinas para guru yang tidak ditempati. “Untung ada rumah dinas pak, terpenuhi juga proses belajarnya, kalau tidak terus mau belajar dimana murid-murid kita,” tutupnya.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar