Pajak Online di Batam Mulai Diterapkan 2017

823
Pesona Indonesia
ilustrasi pajak
ilustrasi pajak

batampos.co.id – Penerapan pajak online di Batam baru bisa diterapkan pada 2017 mendatang, meskipun peraturan daerah (Perda) Pajak ini sudah selesai dibahas.

“Tinggal menunggu PP dari pusat. Kalau Perdanya sudah siap kita bahas. Tetapi kemungkinan untuk mulai penerapannya baru di 2017 mendatang,” kata Sallon Simatupang, wakil ketua komisi II DPRD Kota Batam.

Sallon mengatakan anggaran untuk pengadaan pajak online ini sudah dianggarkan dalam APBD murni 2016. Ini memang sangat dibutuhkan Batam untuk menambah PAD dari pajak daerah.

“Saya lupa berapa anggarannya, sudah masuk di APBD murni. Tetapi prosesnya sudah mulai tahun ini,” katanya.

Nantinya setelah mulai diberlakukan akan ada server di masing-masing wajib pajak yang akan dihubungkan dengan server induk milik BP Batam.

“Jadi setiap ada pengunjung masuk ke sebuah hotel, maka otomatis akan tercatat,” katanya.

Sementara itu, Mulya Rindo, anggota komisi II DPRD Kota Batam mengatakan anggaran awal untuk pengadaan pajak online ini sekitar Rp 500 juta.

“Kalau PP-nya sudah keluar, langsung diterapkan. Kita mendukung penuh penerapan pajak online ini. Kalau ini jadi, PAD dari pajak akan naik signifikan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendapatan Pemko Batam Jefridin mengatakan pengadaan pajak online ini difokuskan ke pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir khusus. Di mana Wajib Pajak (WP) yang akan mengunakan pajak online ini sekitar 910 unit yang terdiri dari Hotel ada sekitar 187, restoran 350 unit  diluar warung makan dan kedai kopi, Wajib Pajak hiburan 350 dan parkir khusus sebanyak 23 titik.

“Tetapi untuk awal, akan dilakukan di hotel berbintang dulu, dan pelan-pelan akan kita lakukan bertahap,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar