Proyek Jalan 185 Km Sorek – Guntung, Baru Diaspal 40 Km

727
Pesona Indonesia
jalanbangun
Salah satu ruas jalan yang sedang dibangun di Riau.

batampos.co.id – Manajemen penganggaran, dan perencanaan pembangunan jalan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Riau perlu dikoreksi.

Inilah kesimpulanKomisi D DPRD Riau beberapa waktu lalu, setelah meninjau pembangunan jalan di Pelalawan dan Siak.

“Misalnya pembangunan Jalan Sorek ke Teluk Meranti, Guntung, Kabupaten Pelalawan,” kata Anggota Komisi D DPRD Riau Abdul Wahid.

Panjang totalnya 185 kilometer. Namun yang diaspal baru 30 sampai 40 km.

Proyek ini, ujarnya, memakan anggaran sekitar Rp45 miliar dan Rp18 miliar untuk urukan pilihan dan Rp10 miliar untuk pembangunan jembatan.

Nah, dana yang Rp45 miliar itu digunakan untuk membangun 5 km jalan yang konstruksinya aspal fleksibel dan Rp11 miliar untuk base B.

“Sebenarnya base B ini jangan sampai terlalu lama dibiarkan baru diaspal. Itu sebenarnya 6 sampai 7 bulan. Tapi tahun ini anggarannya malah tidak ada. Berarti bisa setahun lebih dibangun tahun depan,” ujarnya.

Dari sisi manajeman dan teknis kerja, apa yang dilakukan ini dinilai kurang tepat.

“Kecuali sudah dianggarkan tahun 2016 ini untuk pengaspalan 10 km jalan itu. Akhirnya, ketika nanti ingin meningkatkan jadi jalan aspal, maka kita harus bikin lagi base B jalan itu,” katanya.

Hal itu, kata Abdul Wahid, sama saja dengan pekerjaan sia-sia.

“Ini menjadi catatan kita Jalan Sorek – Teluk Meranti, Guntung ini. Panjang totalnya 185 kilometer. Namun yang diaspal baru 30 sampai 40 km, ini juga perlu diperhatikan dengan serius,” tuturnya. (asp/riaupos.co/RPG)

Respon Anda?

komentar