Hari Ini, 150 Jong Beradu Cepat di Teluk Bakau

703
Pesona Indonesia
Jong, perahu nirawak
Jong, perahu nirawak

batampos.co.id – Apa jadinya angin kencang musim utara di Teluk Bakau Bintan dipadupadankan dengan sampan layar jong? Terbang! Sabtu (12/3) pagi ini, bertempat di pesisir Sekolah Jong Planet Samudera, Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan bakal dihelat Lomba Balap Jong Musim Utara. Perlombaan yang juga jadi ajang silaturahim antarpegiat Jong ini bakal diikuti lebih dari 150 jong.

“Rata-rata masih dari seputaran di Tanjungpinang dan Bintan,” ujar Michel Lipptsch, pemilik Sekolah Jong.

Kegiatan ini, sambung Michel, merupakan kali pertama di tahun 2016. Sementara setiap tahunnya, Michel dan beberapa rekannya menggelar balapan jong selama dua kali. Ketika masuk puncak angin musim utara dan selatan.

“Karena jong ini memang mengandalkan angin. Jadi, kami mencari waktu dimana angin di laut Bintan berembus kencang,” kata warga negara Perancis ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman mengapresiasi kegiatan yang ditaja secara swasembada oleh Michel dan teman-temannya. Yang diperbuat Michel, kata Luki, adalah kerja-kerja kebudayaan dan pariwisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Jong Race ini murni karena Michel dan teman-temannya mencintai jong,” ucapnya, kemarin.

Karena itu pula, sebisa dan seala kadarnya Disparbud Bintan turut mendukung kegiatan rutin untuk melestarikan permainan rakyat bahari masyarakat pesisir Bintan ini. Baik itu berupa penyediaan trofi, maupun kebutuhan lain.

“Tentu. Harus di-support. Karena Jong Race ini juga menarik minat wisatawan. Sehingga kami tidak mungkin tidak berterima kasih kepada Michel dan teman-temannya,” ujar Luki.

Saban ada kunjungan rombongan wisatawan mancanegara ke Bintan, Luki berulang kali mengajak mereka untuk turut singgah di Sekolah Jong pimpinan Michel. Di sana, Michel dengan senang hati bakal mengajak para pelancong itu merasakan keriangan bermain jong. Luki merasa sangat terbantu dengan itu.

“Kami saling bersinergi saja dengan para pegiat pariwisata di sini, termasuk bersama Michel,” pungkasnya. (muf)

Respon Anda?

komentar