Lebih 230 Balita di Posyandu Nusa Indah 2 Citramas Divaksin Polio

558
Pesona Indonesia
Petugas Puskesmas Sambau meneteskan vaksin polio kepada anak-anak warga Perumahan Citramas Nongsa, Jumat (11/3).  Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Petugas Puskesmas Sambau meneteskan vaksin polio kepada anak-anak warga Perumahan Citramas Nongsa, Jumat (11/3).
Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Posyandu Nusa Indah 2 di Perumahan Citramas Indah memberikan vaksin polio kepada lebih dari 230 balita, Jumat (11/3). Kegiatan ini bagian dari Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang digelar serentak di Indonesia mulai Selasa (8/3) hingga Kamis (15/3).

“Alhamdulillah jumlah ini sudah memenuhi sasaran yang ditetapkan Puskesmas,” kata Syafrida, Ketua Kader Posyandu Nusa Indah 2.

Gerakan imunisasi nasional itu dilakukan selama tiga jam, mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Setiap balita wajib mendaftarkan diri sebelum diberi vaksin. Lantas, berat badan mereka ditimbang.

Vaksin diberikan sebanyak dua tetes per balita. Selanjutnya, jari mereka dicelupkan ke dalam tinta sebagai bukti telah mendapatkan vaksin. Proses ini tidak memakan waktu lama. Setidaknya, 5 hingga 10 menit per balita.

“Tidak ngantri-lah, alhamdulillah lancar,” tutur Syafrida lagi.

Warga tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka memadati Pos PIN pada pukul 08.00 WIB. Lenni, satu warga Perumahan Citramas Indah, membawa anaknya datang pukul 09.30 WIB. Ketika itu, suasana pos mulai lengang.

“Cepat kok. Daftar langsung tetes,” ujarnya.

Lenni mengaku datang setelah mendapat pemberitahuan melalui Masjid Al Muhajirin Citramas. Awalnya, ia sempat ragu dengan jenis vaksin yang akan diberikan.

“Tapi karena MUI sudah mengeluarkan fatwa halal untuk vaksin itu, ya sudah tenang,” ujarnya.

Setiap posyandu hanya menyelenggarakan kegiatan imunisasi ini satu kali. Supervisi PIN Puskesmas Sambau, Dahniar, mengatakan, Puskesmas telah membuat jadwal imunisasi untuk seluruh pos pin di Kecamatan Nongsa. Total, ada 28 pos pin se-Puskesmas Sambau yang menyelenggarakan PIN.

“Hari ini, selain di sini (Posyandu Nusa Indah 2), juga diselenggarakan di Taman Yose, Taman Batu Besar, Teluk Mata Ikan, dan Nongsa Pantai,” kata Dahniar.

Sasaran PIN adalah anak usia 0 – 59 bulan. Puskesmas Sambau mencatat, ada 4.127 balita di Kecamatan Nongsa ini. Seluruhnya harus mendapatkan vaksin polio.

“Ini demi Indonesia bebas polio. Seperti tahun-tahun yang lalu,” kata Dahniar lagi. (ceu)

Respon Anda?

komentar