Masih Ada yang Tidak Tahu Tupoksi, Natuna Bakal Terkena Imbas Pengurangan PNS

689
Pesona Indonesia
PNS Pemkab Natuna yang baru dilantik beberapa waktu lalu. Mulai tahun 2018, Pemerintah akan merasionalisasi PNS yang kinerjanya rendah. foto:aulia rahman
PNS Pemkab Natuna yang baru dilantik beberapa waktu lalu. Mulai tahun 2018, Pemerintah akan merasionalisasi PNS yang kinerjanya rendah. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Natuna bakal terkena imbas wacana pemerintah mengurangi jumlah pegawai negeri sipil secara merata. Badan Kepegawaian Daerah, memperkirakan akan efektif dilaksanakan antara tahun 2018 hingga tahun 2019 mendatang.

Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan dan PembinaanPpegawai, M A Sanjaya mengatakan, rasionalisasi PNS saat ini masih sebatas wacana dan belum terdapat juklak dan juknis. Dan merupakan road map reformasi birokrasi.

Menurut Sanjaya, rasionalisasi yang diwacanakan adalah bagi pegawai yang kinerjanya rendah. Serta dinilai dari beban kerja yang sedikit dan kelas jabatannya rendah. Sehingga tidak hanya pegawai lulusan SMA sederajat atau SMP sederajat akan dikurangi.

“Memang seharusnya seluruh PNS ditinjau kinerjanya. Cuma masalahnya, mekanisme untuk assesment tersebut butuh biaya besar,” kata Sanjaya, Jumat (11/3).

Saat ini pemerintah daerah melalui BKD dan bagian organisasi, kata Sanjaya, sudah memulai langkah penertiban PNS. Dimulai dari analisa jabatan dan analisa beban kerja. Serta dilihat penetapan sasaran kinerjanya dan pencapaiannya. Sebab masih ada pegawai yang belum menguasai tugas pokok dan fungsinya.

“Analisa beban kerja dan kinerja ini tahun depan serta mulai evaluasi jabatan. Kalau rasionalisasi itu diperkirakan paling cepat 2018 atau 2019,” sebut Sanjaya.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar